Follow us on social

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
magazine@example.com

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

10 Strategi Media Sosial Marketing Bagi Pebisnis Berskala Kecil

  /  Wiki   /  10 Strategi Media Sosial Marketing Bagi Pebisnis Berskala Kecil
media sosial marketing

10 Strategi Media Sosial Marketing Bagi Pebisnis Berskala Kecil

Di era digital ini, kebanyakan orang menggunakan media sosial marketing sebagai media utama dalam memasarkan bisnis. Bila dibandingkan dengan jaman sebelumnya, cari berbisnis masih sangat terbatas. orang masih harus membayar mahal untuk sebuah papan reklame, iklan di tv dan lainnya.

Selain lebih mudah, cepat dan gampang di akses, bisnis dengan mengguakan media sosial ini hampir tidak menggunakan biaya selain biaya untuk membeli kuota. Itulah sebabnya banyak orang berlomba-lomba utuk mendirikan bisnis online.

Menjalankan binis online memang tidak membutuhkan biaya besar namun memerlukan strategi yang baik. Terutama dalam strategi pemasaran atau marketing.

Entahkah Anda memiliki bisnis berskala besar, ataupun berskala kecil, banyak strategi yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pemasaran di media sosial.

Untuk bisnis dengan skala besar, biasanya pebisnisnya  sudah memiliki konsumen tetap dari setiap produknya. Namun bagaimana dengan para pebisnis dengan skala kecil. Pebisnis skal kecil  biasanya masih memerlukan banyak usaha untuk mendapatkan banyak konsumen. Oleh karena itu, masih sangat perlu mempelajari strategi media sosial marketing. Tujuan utamanya adalah mereka bisa menarik banyak konsumen melalui media sosial.

Strategi Media Sosial Marketing

Untuk Bisnis Berskala Kecil

1. Membangun Kredibilitas

Membangun kredibilitas berarti kita harus membangun  kepercayaan, reliabilitas, keterjaminan, dan ketulusan dalam berbisnis di media sosial.

Hanya sekedar memiliki follower yang banyak, tetapi tanpa kredibilitas, akan membuat bisnis online kita ditinggalkan.

Membangun brand awareness adalah hal pertama yang bisa kamu lakukan dalam menjaga kredibilitas. Caranya dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representasi dari bisnis kamu.

Gambarkan identitas brand  secara visual. Desainlah dengan baik tampilan website, blog, dan media sosial sesuai dengan jenis bisnis kamu. Jika kamu kurang mengetahui caranya, kamu bisa meminta bantuan kepada desain profesional untuk mendesain blog dan website kamu.

2. Membagi Konten yang Diakurasikan

Media sosial adalah sebuah tempat dimana akurasi sebuah konten mempunyai nilai yang sangat penting. Itulah sebabnya kamu harus bisa menjaga konten agar tetap relevan dan terus berkembang.

Proses akurasi dalam konten juga merupakan proses untuk menemukan konten yang berkualitas dari seluruh website kamu. Nantinya web inilah akan kamu bagikan di media sosial.

Konten yang dilih juga harus yang berkualitas dan bermanfaat. Mengakurasikan suatu konten adalah hal yang penting untuk dilakukan. Mengapa, karena dapat meningkatkan rangking SEO pada mesin pencari. Selain itu dapat membangun bisnis dengan baik, meningkatkan keterlibatan pada media sosial dan menambah jumlah followers.

Bagi kamu yang kesulitan dalam menambah jumlah follower, ada cara instan yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan jasa tambah follower instagram terpercaya

3. Membangun Relasi yang baik di Media Sosial

Koneksi atau relasi adalah hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang baik akan sangat memudahkan langkah kamu dalam melakukan pemasaran produk.

Inilah sebabnya kamu harus bisa memanfaatkan media sosial yang dimiliki untuk mulai membangun jaringan yang baik dan benar dengan pihak-pihak yang berpotensial menjadi konsumen kamu.

Bergabunglah gengan kelompok-kelompok tertentu. Sebab lewat komunitas ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa berbagi ilmu yang kamu punya.

4. Membuat Konten yang Valuable

Strategi pemasaran media sosial akan sangat efektif apabila kamu bisa menyeimbangkan antara konten yang dikurasi maupun konten yang dibuat sendiri.

Membuat konten sendiri memang memerlukan usaha yang lebih. Tetapi apabila hal tersebut bisa kamu lakukan dengan baik, maka hal itu akan dapat meningkatkan traffic terhadap website kamu. Website kamu akan dikunjungi oleh lebih banyak pembaca, dan hasilnya web kamu akan memperoleh review yang lebih baik.

Pastikan juga bahwa setiap bagian konten yang kamu buat telah memiliki pesan yang berharga bagi pembaca. Hal ini bertujuan agar pembaca akan balik lagi untuk mengunjungi website kamu.

Ciri konten yang valuable, yag ada nilainya, yang dapat menjawab pertanyaan para pembacanya, dapat menyelesaikan masalah, dan memberikan manfaat bagi yang membacanya.

Dengan memposting konten yang seperti itu, kamu bisa mendapatkan banyak manfaat seperti reputasi bisnis semakin membaik, ranking SEO semakin tinggi, para influencer dapat merekomendasikan konten bisnis kamu dan dapat membuka peluang bagi bisnis kamu untuk bisa diliput oleh media.

5. Menarik Pelanggan yang Potensial

Strategi marketing lain yang bisa dilakukan adalah melalui Facebook dan Instagram.  Dua media sosial ini bisa kamu gunakan untuk menarik calon pelanggan baru. Cara menarik pelanggan atau follower baru bisa dilakukan dengan berbagai cara, diantaranya dengan menggunakan jasa follower.

Sebelum melakukan bisnis di dua media sosial marketing seperti Facebook ini, langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu memastikan setup seotagging pada page Facebook dengan benar. Setelah itu barulah kamu bisa mengajak teman-teman Facebook untuk menjadi konsumen potensial kamu

6. Gunakan Gambar yang Baik dan Menarik

Koneksi atau relasi adalah hal terpenting dari media sosial. Memiliki koneksi yang baik akan sangat memudahkan langkah kamu dalam melakukan pemasaran produk.

Menggunakan gambar yang menarik akan dapat menarik perhatian pelanggan dengan cepat. Gambar bisa kamu gunakan untuk membuat gambaran tentang bisnis dan siapa saja orang-orang yang ada dibelakangnya. Di samping itu, kamu juga dapat menggunakannya untuk mengedukasi pelanggan serta membuat informasi menjadi mudah dicerna bagi pelanggan.

7. Crowdsource Untuk Konten Menarik dan Otentik

Crowdsourcing adalah sebuah kegiatan yang dilakukan individu atau organisasi (kelompok) untuk memperoleh barang dan jasa. Hal ini meliputi ide, keahlian, waktu, serta keuangan, dengan basis internet yang terbuka dan berkembang dengan cepat.

Hal yang bisa kamu lakukan dengan membuat hashtag menarik terhadap konten bisnis kamu. Tujuan yang bisa dicapai dengan hashtag ini adalah untuk melacak interaksi dengan pelanggan kamu.

8. Batasi Platform Media Sosial Kamu

Menggunakan terlalu banyak sosial media tanpa adanya fokus yang jelas hanya akan sangat membuang waktu kamu karena tidak akan memberikan hasil apapun. Pilihlah saja satu atau dua, yang penting kamu bisa maksimalkan semua bisnis kamu di situ.

Tidak ada gunanya menghabiskan banyak waktu dan sumber daya hanya untuk berinvestasi ke dalam sebuah platform yang hanya sedikit penggunanya. Lebih baik kamu maksimalkan usaha pada platform di mana kamu tahu bahwa pelanggan kamu banyak yang terlibat aktif didalamnya. Semisal instagram. Aktifitas yang banyak seharusnya dapat mengundang follower yang banyak pula. Cara mendatangkan follower bisa dengan cara alami atau dengan cara lain yaitu menggunakan jasa beli follower.

9. Gunakan Media Sosial Sebagai Ruang Untuk Mengadakan Percakapan yang Menarik

Bukan hanya membantu pelanggan mendapatkan informasi yang berguna, tetapi fungsi media sosial juga adalah membantu kamu untuk bisa berkomunikasi langsung dengan pelanggan. Selain itu kamu bisa menyimpan dokumentasi dari semua aktivitas penting di media sosial.

10. Berpartisipasi Dalam Komunitas Online

Bergabunglah gengan kelompok-kelompok tertentu. Sebab lewat komunitas ini, kamu bisa melakukan diskusi dengan pebisnis lain tentang bisnis yang sedang kamu jalankan. Kamu bisa berbagi ilmu yang kamu punya. Selain itu kamu juga dapat mengajukan pertanyaan dan solusi dari masalah-masalah bisnis yang sedang kamu alami. Intinya dalam sebuah komunitas, kamu juga bisa saling menularkan pengetahuan bisnis satu sama lain.

Nah, demikian sudah kami suguhkan 10 strategi media sosial marketing yang bisa kamu praktekan untuk bisnis kamu. Semoga bermanfaat!

Baca juga: Cara Menjaga Agar Sistem Pencernaan Tetap Lancar