Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

5 Batas Jam Sholat Ashar Dan Sholat Fardhu Lainnya

  /  Info   /  5 Batas Jam Sholat Ashar Dan Sholat Fardhu Lainnya
5 Batas Jam Sholat Ashar Dan Sholat Fardhu Lainnya

5 Batas Jam Sholat Ashar Dan Sholat Fardhu Lainnya

Batas sholat ashar dengan sholat fardhu lainnya merupakan waktu yang harus diikuti oleh semua umat islam. Sholat adalah suatu bentuk ibadah wajib bagi umat islam yang sudah baligh dan sudah berakal.

Berikut 5 batas jam sholat ashar dan sholat fardhu lainnya:

1. Di Waktu Sholat Dzuhur

Sholat dzuhur menjadi salah satu waktu sholat wajib yang harus dikerjakan. Waktu sholat dzuhur dimulai dari matahari yang sudah tergelincir. Dengan dalil, “shalat dzuhur dimulai pada saat matahari telah naik dari arah barat ke pertengahan langit sampai bayangan orang sama tingginya, dan belum masuk waktu shalat ashar.” (HR. Muslim : 612).

2. Di Waktu Sholat Ashar

Sholat ashar adalah shalat wajib yang dilaksanakan setelah waktu dzuhur berakhir. Awal waktu ashar dimulai dengan adanya bayangan lebih dari bayangan yang serupa dengan bendanya. Ketika waktu ashar berakhir ketika matahari terbenam. Dengan Hadist ,“Barang siapa yang melaksanakan sholat ashar sebelum terjadinya matahari terbenam, maka mendapat waktu ashar.” (HR. Bukhari).

3. Di Waktu Sholat Maghrib

Pada saat sholat Maghrib dimulai dari matahari terbenam. Pendapat yang disampaikan  oleh imam Syafi’i dalam qoul jadid. Sedangkan waktu sholat maghrib panjang sampai hilangnya awan merah. Di jelaskan juga dalam hadist Nabi Muhammad Saw, “Waktu shalat maghrib adalah selama awan belum hilang”.

4. Di Waktu Sholat Isya

Waktu isya terjadi pada saat tidak muncul awan merah. Ini jadi akhir waktu sebelum terbit fajar yang kedua. Biasanya dimulai antara pukul 7 malam hingga pukul 2 pagi. Sholat ini memiliki waktu paling panjang. 

5. Di Waktu Shalat Subuh

Biasanya dimulai pukul antara jam setengah 5 hingga pukul setengah 6. Waktu akhir sholat subuh adalah saat yang agak terang. Dalil yang menjelaskan hal tersebut adalah hadits yang diriwayatkan Imam Muslim dan Abu Musa.

Sudah diketahui bahwa 5 batas jam sholat ashar dan sholat fardhu lainnya adalah hal yang harus diketahui oleh umat islam. Semoga informasi yang disampaikan dapat bermanfaat bagi pembaca, semoga bermanfaat.

Kunjungi situs jamdigital.co.id penyedia jam digital masjid berkualitas. Transaksi dapat dilakukan secara online dan aman tentunya.