Belajar Bisnis untuk Penjualan dan Pelayanan Pelanggan

  • Wiki

Dalam menjalankan bisnis, pelanggan adalah raja dari penjual. Mereka harus diberikan pelayanan yang baik sehingga bisa menjadi konsumen yang loyal. Belajar bisnis untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan adalah kunci dari berbisnis. Tidak ada gunanya kan jika konsumer tersebut datang dan pergi begitu saja? Nah di artikel hari ini, kita akan memberikan beberapa kunci dalam meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan.

Tentunya beberapa dari kalian tidak tahu banyak kan mengenai pelayanan pelanggan. Pelayanan pelanggan sendiri bisa dibagi dua. Yang pertama adalah online, dan yang kedua adalah offline.

Melayani pelanggan secara online dilakukan oleh banyak online shop. Mereka harus bisa melayani pelanggan hanya dengan menggunakan kata kata. Sedangkan offline, penjual harus bisa melayani pelanggan secara verbal dan pandai berbicara.

Daripada menunggu lebih lama lagi, mari kita belajar bisnis dengan upaya meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan.

Efisiensi

Saat konsumer berbelanja, mereka tidak akan mau menghabiskan waktu yang sangat lama dalam menunggu. Pastinya semua orang ingin dilayani secepat mungkin kan. Di bisnislah efisiensi sangat dibutuhkan.

Secara online, efisiensi bisa dinilai dengan kecepatan penjual dalam membalas pesan dari konsumer. Selain itu, efisiensi juga bisa dinilai dari seberapa cepat suatu transaksi bisa di proses. Pelanggan tidak akan puas bila barang membutuhkan waktu yang lama untuk datang.

Belajar bisnis untuk efisien secara online ada juga kemiripan dengan bisnis offline. Pastinya kedua macam bisnis ingin memberikan yang terbaik dalam waktu yang cepat. Penjualan dan pelayanan pelanggan bisa ditingkatkan bila kalian bisa melayani semua pelanggan.

Janganlah menghabiskan waktu yang berlebihan melayani satu pelanggan dan pelanggan sehingga terabaikan. Berikutnya adalah dengan berbincang secukupnya. Jangan terlalu lama bertele tele dan pastikan kalian melayani pelanggan sampai mereka siap melakukan transaksi.

Menentukan Keinginan

Jika kalian sudah lama berbisnis, kalian pasti tau cara menyesuaikan produk dengan kebutuhan pelanggan.

Secara online dan offline, produk pastinya harus mengikuti trend dan juga mempunyai daya tarik yang tinggi. Jika produk sudah tidak mempunyai daya tarik yang tinggi, maka tidak akan laku saat dijual.

Meminta Ulasan

Untuk transaksi online, pastinya kalian sudah sering melihat ulasan atau review. Ini juga bisa di aplikasikan kepada pelanggan toko offline. Cukup dengan bertanya, kalian bisa tau apa yang bisa di perbaiki lagi.

Terimalah ulasan tersebut dengan pikiran yang terbuka. Tidak semuanya harus sesuai keinginan kalian, karena diujung hari, pelangganlah yang lebih penting. Setelah mendapatkan ulasan, aplikasikan ulasan tersebut ke bisnis anda.

Dengan cara ini, kalian mempunyai kesempatan yang lebih dalam meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan.

Mengalihkan Pelayanan

Tidak setiap kalinya suatu bisnis bisa memuaskan seorang pelanggan. Tidak ada salahnya bukan jika kalian mengoper suatu tawaran ke bisnis lainnya? Pastinya kalian akan kehilangan satu pelanggan tersebut, namun kalian akan terlihat lebih profesional.

Pada saat kalian tidak mempunyai produk yang diinginkan, janganlah memaksa kehendak pelanggan. Pelanggan pasti akan merasa lebih dihormati jika seorang penjual mengalihkan atau mengoper pelayanan kepada bisnis lainnya.

Dalam jangka yang panjang, ini akan mempunyai efek yang bagus untuk bisnis anda. Setelah tau apa yang kurang dari bisnis kalian, kalian juga belajar apa yang bisa ditingkatkan lebih lanjut.

Mau terbuka dan selalu berpikir untuk belajar bisnis adalah cara yang tepat untuk meningkatkan penjualan dan pelayanan pelanggan anda.