Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Beton Pracetak Adalah Produk Beton yang Sangat Berguna Dalam Konstruksi

  /  Info   /  Beton Pracetak Adalah Produk Beton yang Sangat Berguna Dalam Konstruksi
Beton Pracetak Adalah Produk Beton yang Sangat Berguna Dalam Konstruksi

Beton Pracetak Adalah Produk Beton yang Sangat Berguna Dalam Konstruksi

Beton pracetak adalah produk beton yang berguna untuk kebutuhan konstruksi, dan diproduksi dengan cara khusus menggunakan material beton dan juga cetakan press beton. 

Ukurannya harus sudah ditentukan terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan konstruksi. Jadilah menghasilkan beton yang memiliki kualitas tinggi, durable, sustainable, dan juga workability. 

Nah, di dalam artikel ini akan dibahas dengan lengkap tentang beton pracetak tersebut mulai dari jenis sampai keunggulannya di dunia konstruksi sehingga menjadi bahan material penting.  

Apa Yang Dimaksud Beton Pracetak Adalah Bahan Material Penting?

Beton pracetak menjadi salah satu bahan material penting karena terbuat dari ukuran dan cetakan yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan juga fungsinya. Nah, untuk membuat sebuah beton precast tersebut harus mencampurkan komposisi yang tepat sehingga kualitasnya menjadi kuat dan juga kokoh. 

Beton tersebut dibentuk dengan dibubuhi berbagai rangkaian besi sebagai bagian penulangan supaya material beton tersebut menjadi tangguh dan juga bisa menahan beban yang berat sekalipun.  Selain itu, bahan untuk membuat beton pracetak adalah kombinasi campuran dari pengikat semen dan juga agregat. 

Jadi bahan yang digunakan untuk membuat bahan bangunan tersebut mempunyai kualita performa yang tinggi serta memberikan benefit yang baik dalam hal desain, kualitas, kekuatan, keselamatan, dll. 

Jenis-jenis Beton Pracetak

Beton pracetak masih memiliki beberapa jenis yang  penggunaanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan di sebuah konstruksi. Langsung saja, yuk perhatikan jenis-jenis beton precast tersebut. 

1. Pagar Panel Beton 

Jenis pagar panel beton berbentuk balok persegi panjang dan juga disusun dengan arah vertikal. Jenis tersebut diperkuat dengan penyangga sebuah kolom. Nah, beton yang digunakan sebagai pagar panel pastinya sering Anda jumpai karena bisa menghasilkan sebuah pagar yang tahan lama serta kuat. 

Struktur yang ada pada pagar panel tersebut dipercaya bisa mempertahankan kondisinya dalam waktu jangka lama. Selain itu, jenis beton tersebut memiliki fungsi sebagai pelindung dan juga pembatas di sebuah area dari gangguan yang ada di luar. 

2. Beton Barrier

Beton barrier merupakan suatu jenis beton yang biasa digunakan pada sarana transportasi, parkir, dan lainnya. Jenis beton tersebut terbuat dari elemen komposit dan terdiri dari besi sebagai bagian yang dicor dengan menggunakan bahan beton. 

Proses pembuatan balok itupun dilakukan dengan cara dicetak memakai alat cetakan khusus sehingga ukuran di antara satu dengan yang lain akan sama persis dari presisi hingga tingginya. Hal tersebut tentu saja memudahkan proses pemasangan dan juga memberikan ketetapan yang dibutuhkan.

3. U-Ditch dan Tutupnya

Jenis yang satu ini merupakan kanal dan biasa Anda jumpai di saluran air atau irigasi. U-Ditch berfungsi sebagai saluran air yang bisa membawa atau juga mengalirkan air sehingga bisa meresapkan sebagian air seperti air hujan ke dalam tanah. Ukuran jenis beton ini bervariasi. Jika Anda ingin memilih beton pracetak ini harus pertimbangkan dulu fungsinya serta besaran air yang akan mengalir. 

Bentuk dari U-Ditch yaitu terbuka menyerupai huruf U sehingga kegunaannya bisa menjadi saluran terbuka yang ada di pinggir jalan. Namun jika Anda ingin menutup bagian terbukanya pun masih bisa. 

Selain itu, U-ditch juga memiliki peran untuk membuat saluran tertutup dengan menggunakan cover U-Ditch yang memiliki ukuran panjang dari versi terbukanya. 

4. Box Culvert

Anda tentunya sudah paham bagaimana bentuk gorong-gorong. Yup, bentuk dari saluran drainase itu menggunakan Box Culvert yang berbentuk kotak. Hal tersebut dikarenakan karakteristik material ini yang bisa menahan masuknya air hujan atau eksfiltrasi. 

Keunggulan dari jenis beton pracetak yang satu ini adalah mampu untuk menahan pergeseran tanah. Selain itu, penggunaannya pun tidak hanya sebagai saluran pembuangan air saja melainkan sebagai underpass, jembatan, subway, dan masih banyak lagi. 

Nah, dari fungsinya tersebut,  kekuatan material ini harus diperhitungkan. Di mana mutu jenis beton tersebut bisa menahan beban di atasnya seperti manusia dan kendaraan berat. 

Yup, jadi kesimpulannya, beton pracetak adalah bahan material penting yang dibuat dengan cetakan press beton khusus sehingga menghasilkan kualitas yang kuat. Namun jangan lupa untuk melakukan perawatan beton.