Bisnis Dapat Anda Mulai Nyaris Tanpa Uang

Tips design website

Informasi 7 bisnis yang dapat anda mulai nyaris tanpa uang ini, mungkin dapat menjadi salah satu pemicu keberanian untuk memulai. Saat Anda tertarik, maka teruslah membaca.

Jika Anda seperti jutaan orang bersemangat dan pemberani, Anda bermimpi memulai bisnis sendiri. Tapi tentu saja, ada puluhan hambatan yang mungkin membuat Anda tidak benar-benar melakukan itu.

Anda mungkin tidak memiliki motivasi yang cukup, misalnya, atau dorongan yang kuat untuk mememulai; atau Anda mungkin bahkan tidak memiliki ide yang cukup untuk memulai.

Tetapi kebanyakan orang diluar sana, berhenti bermimpi karena berpikir bahwa mereka tidak memiliki modal yang cukup. Yang ada dipikiran mereka, dibutuhkan uang untuk memulai sebuah bisnis – uang yang tidak mereka miliki.

Namun, pertimbangkan: Ada pinjaman, hibah, dan opsi penggalangan dana lainnya, tersedia untuk memberi Anda apa yang Anda butuhkan; jadi uang bukanlah alasan yang baik untuk tidak memulai bisnis.

Dan, lebih dari itu, ada beberapa jenis peluang usaha yang dapat Anda mulai dengan hampir tanpa uang tunai.

Apa yang diperlukan untuk memulai bisnis

Langkah pertama Anda adalah mengeksplorasi apa yang diperlukan untuk secara resmi “memulai” bisnis, dan barang mana yang membutuhkan biaya.

  • Perencanaan. Anda harus membuat rencana bisnis dan model keuangan, tentu saja, tetapi Anda dapat melakukannya sendiri, gratis.
  • Lisensi bisnis. Jika Anda berencana membuat kemitraan, LLC atau korporasi, Anda harus mengajukan beberapa dokumen – tetapi mungkin tidak akan dikenakan biaya lebih dari beberapa beberapa juta, tergantung pada lisensi apa yang Anda butuhkan. Administrasi Bisnis Kecil memiliki banyak sumber daya untuk membantu Anda mengetahui apa yang Anda butuhkan, cara mendapatkannya dan berapa biayanya.
  • Nama domain. Anda harus berinvestasi dalam merek online Anda sejak dini; sementara saya menyarankan untuk menjadi seprofesional mungkin, Anda juga bisa menggunakan pendekatan tanpa tulang untuk meluncurkan, jika milik Anda adalah produk minimum yang layak. Seringkali, satu-satunya nama domain yang menarik adalah yang Anda butuhkan untuk mendefinisikan merek Anda di awal, dan satu dapat dibeli hanya dengan Rp. 150 ribu perak. Saya menggunakan GoDaddy untuk membeli domain.
  • Sebuah situs. Pembangun situs web dewasa ini gratis dan intuitif untuk digunakan. Anda tidak akan menghabiskan apa pun kecuali waktu untuk membangun situs pertama Anda. Saya sarankan memulai dengan platform situs web yang banyak digunakan, seperti WordPress atau Wix.
  • Pemasaran. Walaupun pemasaran memiliki reputasi sebagai sangat mahal, sebenarnya ada satu ton taktik yang sangat efektif yang dapat dilakukan hanya dengan investasi waktu Anda. Pemasaran media sosial, SEO, dan konten marketing semuanya sesuai dengan kategori ini – dan, jujur, itu semua yang Anda butuhkan. Pengusaha memiliki banyak pilihan berupa tutorial online yang membahas subjek ini. Dan itu bisa Anda lakukan secara gratis di internet.
  • Peralatan. Peralatan, kantor, dan aset berwujud lainnya adalah pembunuh bayaran, tetapi tidak semua bisnis membutuhkannya. Beberapa bisnis tidak memerlukan hal-hal ini, seperti yang akan saya jelaskan segera.
  • Produk. Akhirnya, semua bisnis perlu menjual sesuatu, yang biasanya berarti beberapa investasi di muka. Namun, banyak layanan dapat dilakukan dengan investasi waktu daripada uang.

Jenis bisnis yang akan dimulai

Jadi, jenis bisnis apa yang dapat dimulai tanpa beban keuangan yang berat di salah satu area di atas?

Ide itu yang paling penting.

Ini adalah era digital. Dimana segala sesuatunya dilakukan secara online. Dan kabar baiknya, sebagian besar peluang usaha di internet tidak membutuhkan modal besar. Bahkan dapa Anda mulai sekarang.

Tertarik? Mari kita lihat..

Hal yang hebat tentang memulai bisnis online adalah bahwa itu adalah salah satu opsi bisnis yang lebih terjangkau, dan sebagian besar, dapat dimulai dari rumah.

Selain memastikan Anda terdaftar sebagai entitas bisnis, yang Anda perlukan hanyalah kantor di rumah (dan bahkan itu bukan persyaratan yang ketat), koneksi internet yang baik, dan beberapa tindak kewirausahaan yang hebat.

Jika Anda tidak yakin Anda cocok untuk menjadi wirausaha, ikuti kuis kami; jika tidak, teruslah membaca. Mudah-mudahan, salah satu ide yang tercantum di bawah ini akan membuat Anda senang dan cukup bersemangat untuk mengunduh daftar startup kami — titik referensi pertama Anda ketika Anda memulai perjalanan wirausaha.

Penulis Freelancer

Tidak mengherankan bahwa penulis lepas membuat daftar bisnis online yang dapat Anda mulai. Dengan meningkatnya pemasaran konten, penulis online tidak pernah lebih laris.

Untuk memulai karir Anda, buat profil di situs web freelance populer seperti Upwork dan Freelancer dan mulailah membangun portofolio Anda.

Kedepan, Anda bisa berpikir untuk membuat website sendiri untuk berkembang ke layanan penulis profesional.

Website itu penting karena orang ingin melihat tulisan Anda disusun di satu tempat. Sehingga mereka dapat memahami gaya Anda, topik yang Anda liput, dan tentu saja, kepribadian Anda.

Selain menjadi penulis yang hebat (dan editor yang baik), jika Anda benar-benar ingin menjadi penulis freelancerr, Anda juga harus menjadi penulis yang cepat.

Konsultan media sosial

Apakah Anda memiliki bakat untuk media sosial? Jika Anda seorang penulis yang kuat, kreatif, dan suka terus berada di atas tren media sosial terbaru, ini mungkin kesempatan yang sempurna untuk Anda.

Banyak pemilik bisnis yang tidak memahami seluk-beluk penggunaan media sosial untuk membangun merek dan mengembangkan pengikut online yang loyal, atau bahkan tidak tahu cara menggunakan media sosial sama sekali.

Dengan menawarkan keahlian Anda sebagai konsultan media sosial, Anda dapat membantu bisnis menyusun rencana permainan media sosial, atau mengendalikan akun sosial mereka secara langsung dan mengirim pembaruan ke berbagai platform.

Desainer Web

Jika Anda tahu cara mendesain website, Anda memiliki basis klien yang berpotensi luas, termasuk pengembang web (banyak di antaranya dapat membangun website tetapi tidak mendesainnya).

Jika Anda memiliki mata untuk desain tetapi tidak ada pelatihan desain web formal, Anda masih dapat masuk ke industri dengan sedikit pendidikan informal dan portofolio yang baik.

Bahkan, dalam industri ini, portofolio Anda akan menjadi segalanya — bukan gelar Anda! Yang sedang berkata. Pastikan untuk hanya menampilkan karya terbaik Anda.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menjadi perancang web, sebenarnya ada banyak tutorial yang Anda dapat di internet. Anda hanya perlu sedikit waktu, latihan dan keinginan yang kuat.

Desain Grafis

Dalam nada yang sama sebagai perancang web, jika Anda memiliki keterampilan untuk mendesain logo, paket merek, grafik media sosial, brosur, poster, dan bahan-bahan lain yang sering diminta oleh perusahaan dan perorangan, ini adalah bisnis yang mungkin Anda sukai.

Anda harus memiliki motivasi diri, memperhatikan detail, dan menjadi jernih dalam menetapkan harapan.

Sekali lagi, tonton video Roberto Blake tentang menjadi seorang desainer grafis; mulai dengan daftar putar epik ini. Pada hari-hari awal sebelum Anda memiliki banyak klien, Anda mungkin ingin membangun portofolio Anda dengan menawarkan layanan Anda di situs-situs seperti Fiverr dan Etsy.

Konsultan SEO

Optimisasi mesin pencari, lebih dikenal sebagai SEO, adalah praktik mengoptimalkan halaman web, iklan, dan konten online lainnya sehingga lebih mungkin untuk diambil (dan idealnya berperingkat tinggi) di Google dan mesin pencari terkait.

Jika Anda berbasis data dan mengerti internet, ini adalah peluang karier yang bagus bagi Anda. Pastikan Anda memiliki pegangan yang baik di Google Analytics, karena Anda mungkin akan menggunakannya berulang kali.

Tidak tahu banyak tentang SEO? Anda dapat mempelajari lebih lanjut di Moz, Lynda (akses tersedia melalui perpustakaan lokal Anda), dan di Search Engine Land.

Pelatih bisnis

Jika Anda memiliki keahlian untuk membantu orang mencapai kesuksesan melalui pelatihan, Anda dapat menikmati pekerjaan ini.

Daripada dipekerjakan sebagai konsultan untuk membantu orang memecahkan masalah dalam bisnis mereka, Anda akan membantu orang menemukan kesuksesan dengan berfokus pada pengembangan pribadi. Ini mungkin termasuk menguasai manajemen waktu, mengakhiri penundaan, meningkatkan pengambilan keputusan, dan pada akhirnya, membuat klien Anda untuk mengambil tindakan.

Anda tidak akan memberikan saran (itulah yang dilakukan konsultan); alih-alih, Anda akan membantu orang menemukan cara melakukannya sendiri. Untuk mempelajari lebih lanjut, lihat kursus Udemy ini tentang menjadi pelatih bisnis, pemasaran atau kehidupan, dan kemudian baca artikel ini tentang bagaimana menjadi pelatih bisnis yang sukses (petunjuk: itu semua tentang bagaimana Anda mengemas sendiri atau layanan Anda).

Pengembang aplikasi

Menurut laporan Negara Web Seluler SimilarWeb 2015, sekitar 56 persen lalu lintas konsumen ke situs web terkemuka AS berasal dari perangkat seluler. Dan, mengingat bahwa aplikasi sekarang lebih populer daripada web seluler, masuk akal untuk mempertimbangkan bisnis online ini jika Anda memiliki keterampilan pengkodean.

Anda dapat melihat membuat aplikasi sendiri sebagai cara untuk menghasilkan uang, atau menawarkan untuk membuat aplikasi untuk orang lain. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang menjadi pengembang aplikasi, periksa kursus Udacity ini, atau mendaftar untuk Nanodegree Pengembang Android Google — program baru yang keren yang akan membedakan Anda.

Pengecer online

Apakah ide mendirikan toko online menggairahkan Anda? Jika demikian, Anda tidak sendirian. Ini adalah profesi yang semakin populer, dipermudah oleh sejumlah situs web yang akan memandu Anda melalui prosesnya.

Jika ada sesuatu yang ingin Anda jual, pastikan untuk mengetahui cara mendirikan bisnis berbasis rumah, pastikan Anda memiliki ruang untuk menyimpan semua barang Anda, dan mengatur akun online dengan kantor pos sehingga pengiriman surat semudah mungkin. Anda mungkin juga ingin melihat penjualan silang di situs-situs seperti eBay — jika demikian, baca panduan eBay kami!

Jika tidak, mulailah mencari platform yang akan membuat penjualan online menjadi mudah. Anda mungkin mempertimbangkan Shopify, BigCommerce, Wix, dan Weebly, meskipun tidak diragukan lagi ada banyak yang lain untuk Anda pilih.

Semua yang dikatakan dan dilakukan, ini juga salah satu profesi yang mungkin mengharuskan Anda memiliki setidaknya modal awal yang kecil karena Anda perlu membeli inventaris. Baca Panduan Pendanaan Bplans untuk mempelajari lebih lanjut tentang mendapatkan akses ke pendanaan, atau pertimbangkan untuk memulai bisnis sampingan sehingga Anda dapat memperoleh sendiri modal awal itu.

Asisten virtual

Kami menyebutkan peluang karir ini dalam artikel kami tentang bisnis berbasis rumahan, tetapi juga merupakan bisnis online yang hebat. Ada sejumlah platform online yang memudahkan menjalankan bisnis VA, termasuk TaskRabbit, Zirtual, Upwork, PeoplePerHour, dan sebagainya.

Jika Anda sangat terorganisir dan dapat dengan cepat dan efisien melakukan tugas, Anda mungkin ingin menggunakan keterampilan Anda — menjadi asisten virtual sama seperti menjadi asisten pribadi atau pengawas tugas. Layanan yang mungkin Anda tawarkan meliputi manajemen proyek, penulisan, menjalankan tugas, melakukan penelitian, dan sebagainya. Daftar ini benar-benar tidak ada habisnya.

Jika Anda tertarik dengan topik ini, pastikan untuk membaca Panduan Amy Lynn Andrews untuk Menjadi Asisten Virtual, dan Daftar Periksa Situs Web Asisten Virtual oleh Buku Pegangan VA.

Tukang

Jika Anda kreatif, dan memiliki kemampuan untuk membuat barang-barang buatan tangan secara massal, Anda mungkin hanya ingin mengubah hobi Anda menjadi bisnis.

Orang-orang suka membeli barang-barang buatan tangan, dan situs-situs seperti Etsy meruntuhkan penghalang, membuatnya mudah bagi siapa saja untuk menjual dagangannya dengan biaya yang sangat rendah. Jika Anda bisa merajut, menjahit, mendesain grafik, mengubah kayu, membuat perhiasan, melukis, membuat sabun, membuat produk kertas, dan sebagainya, Anda mungkin duduk di peluang bisnis yang sempurna.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang memulai bisnis Etsy, baca artikel kami Cara Memulai Toko Etsy, serta wawancara ini dengan artis perhiasan Stephanie Maslow, pemilik Metalicious.