Follow us on social

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
magazine@example.com

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

11 Cara Agar Tidak Malas Belajar Yang Harus Kamu Coba, Yang Masih Malas Belajar Merapat!

  /  Info   /  11 Cara Agar Tidak Malas Belajar Yang Harus Kamu Coba, Yang Masih Malas Belajar Merapat!
11 Cara Agar Tidak Malas Belajar Yang Harus Kamu Coba

11 Cara Agar Tidak Malas Belajar Yang Harus Kamu Coba, Yang Masih Malas Belajar Merapat!

“Bagaimana cara agar tidak malas belajar, kami memiliki beberapa tips yang dapat membantu”

Belajar adalah salah satu hal yang wajib dilakukan, terutama untuk kamu yang masih mengenyam pendidikan formal. Meskipun mudah diucapkan, pada dasarnya menerapkan disiplin belajar sendiri harus diakui merupakan hal yang sangat sulit.

Kurangnya motivasi dan ditambah dengan banyak distraksi seperti keinginan bermain Smartphone menjadi beberapa diantara penyebab malas belajar. Kebiasaan malas belajar ini bukanlah hal yang dapat diremehkan, pasalnya hal ini akan dapat menghambat kamu untuk mengembangkan diri dan juga berprestasi.

Tips Dan Cara Agar Tidak Malas Belajar

Tips Dan Cara Agar Tidak Malas Belajar
source: www.whatuni.com

Khusus untuk kamu yang memiliki kebiasan malas belajar ini,  Kami telah merangkumkan beberapa tips dan cara agar tidak malas belajar yang dapat kamu coba terapkan. Langsung aja, berikut tips dan ulasan selengkapnya, just keep scrolling

Memilih Tempat Belajar Yang Nyaman

Memang terdengar remeh, namun memilih tempat belajar yang tepat merupakan salah satu poin penting dari cara agar tidak malas belajar. Tempat belajar yang tepat akan membantu kamu untuk berkonsentrasi dalam belajar.

Dalam hal ini, kamu dapat memilih belajar atau di luar rumah. Pastikan bahwa tempat yang kamu pilih tenang agar membantu kamu lebih mudah berkonsentrasi. Sebagai saran tambahan, hindari untuk belajar di tempat tidur. Dikarenakan hal tersebut malah dapat memicu rasa kantuk ketika belajar.

Memilih Waktu Belajar Yang Tepat

Setiap orang memiliki waktu belajar favoritnya masing-masing. Ada yang suka belajar di pagi hari, ada juga yang lebih suka belajar di malam hari. Dalam hal ini, kamu harus menemukan waktu belajar yang tepat untuk kamu.

Semisalnya kamu adalah tipikal yang lebih suka belajar di pagi hari. Maka biasakanlah untuk bangun pagi dan mulai belajar pada waktu tersebut.

Hindari Belajar Sambil Berbaring

Ketika kamu belajar, maka usahakanlah untuk belajar dalam posisi duduk. Hindari belajar dalam keadaan berbaring. Hal tersebut dapat membuat kamu sulit berkonsentrasi dan malah cenderung mengantuk.

Baca juga: Belajar Bahasa Inggris Asyik dan Efektif di Kampung Inggris

Memasang Target Belajar

Masih membahas mengenai cara agar tidak malas belajar, memasang target belajar menjadi saran selanjutnya yang dapat kamu coba. Memasang target dapat membuat kamu tidak cepat bosan saat belajar. 

Tetapkanlah target sebelum kamu mulai belajar, entah itu durasi belajar, banyak tugas yang ingin kamu selesaikan atau bab yang ingin kamu pelajari. Selain dapat mencegah rasa bosan, metode yang satu ini dapat mengefektifkan proses belajarmu.

Memilih Metode Belajar Yang Tepat

Salah satu penyebab rasa malas saat belajar adalah metode belajar yang salah. Dalam hal ini, kamu harus menemukan metode belajar yang cocok dengan kamu. Misalnya, kamu adalah tipikal yang lebih suka belajar secara audio. Maka kamu dapat mencoba merekam materi pelajaran yang disampaikan oleh guru atau tutor mu dan mendengarkannya kembali.

Begitu pula jika kamu adalah tipikal yang suka mencatat (visual), kamu dapat mencatat materi pelajaran yang disampaikan dan menyusunnya agar lebih mudah dibaca. Misalnya dengan memberikan warna beberapa keyword penting.

Jangan Hanya Menghafal

Belajar itu bukan tentang menghafal materi, namun tentang memahami nya. Dengan memahami materi pelajaran, kamu tidak akan mudah lupa dan dapat menjelaskannya dengan lebih baik.

Mengikuti Les Private

Jika kamu adalah tipikal yang sulit belajar sendiri. Kamu dapat mencoba mengikuti les private. Guru private dapat membantu proses pemahaman dan memantau perkembangan mu. Kamu juga dapat berkonsultasi apabila memiliki tugas atau materi yang belum kamu mengerti.

Saat ini, terdapat banyak pilihan les private yang dapat kamu pertimbangkan. Bahkan menggunakan pencarian internet dengan menggunakan kata kunci tertentu seperti les private jakarta, les private murah dan lainnya, kamu dapat menemukan banyak rekomendasi.

Jangan Lupa Istirahat

Relaksasi juga bagian penting dalam belajar. Oleh karena cobalah untuk selingi waktu belajar kamu dengan istirahat. Hal penting akan dapat menyegarkan mata dan juga otak kamu, agar dapat kembali fokus saat belajar. Kamu dapat mencoba beristirahat 15 menitan setelah belajar selama 2 jam.

Hindari Mengkonsumsi Makanan Cepat Saji

Ketika kamu berencana untuk belajar, sebaiknya kamu menghindari mengonsumsi makanan fast food. Makanan fast food mengandung banyak kalori yang dapat membebani sistem pencernaan. Sehingga energi yang dibutuhkan untuk mencerna makanan jauh lebih besar. Alhasil tubuhmu akan berpotensi merasa lebih cepat lelah dan mengantuk.

Sebagai saran, ada baiknya jika kamu membiasakan untuk mengonsumsi makanan-makanan sehat, terutama sayuran dan buahan. Jangan lupa juga untuk mengatur porsi makanmu agar tidak berlebih.

Istirahat Yang Cukup

Sebelum belajar, pastikan bahwa tubuh kamu mendapatkan istirahat yang cukup (tidur). Waktu tidur yang cukup akan membuat otak dan badanmu lebih segar saat belajar nantinya.

Mengapresiasi Diri

Cara mengatasi rasa malas belajar yang terakhir adalah mengapresiasi diri atau yang dikenal dengan istilah self rewarding. Self rewarding sendiri dilakukan dengan cara memberikan penghargaan kepada diri ketika berhasil mencapai atau menyelesaikan sesuatu. Reward nya dapat berupa hal-hal sederhana, seperti makan makanan favorit, belanja dan lainnya.

Misalnya, jika kamu berhasil lulus pada ujian, kamu dapat menjanjikan dirimu untuk makan makanan favoritmu setelahnya. Penerapan self rewarding ini akan sangat efektif membantu meningkat semangat belajar mu. Untuk poin yang satu ini, kamu juga harus bijak agar tidak kebablasan dan membuatmu menjadi boros.

Itulah sedikit ulasan dari kami mengenai cara agar tidak malas belajar tetap berkonsentrasi saat belajar. Semoga ulasan ini akan dapat membantu mengatasi rasa malas dan semakin rajin belajar. Selamat mencoba.