Cara Membuat Backlink Berkualitas

Cara membuat backlink berkualitas

Tidak diragukan bahwa backlink berkualitas sangat penting untuk kesuksesan SEO. Lebih lanjut, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat backlink berkualitas itu? Pembahasan kita kali ini, adalah akumulasi saran dari para pakar SEO

Sementara dengan optimasi konten pada halaman, tampaknya lebih mudah karena semuanya terserah Anda untuk melakukan dan memutuskan, dengan backlink sepertinya Anda harus bergantung pada orang lain untuk bekerja untuk kesuksesan Anda.

Yah, ini sebagian benar karena sementara backlink adalah tautan yang dimulai di situs lain dan menunjuk ke Anda, Anda dapat berdiskusi dengan master Web dari detail situs lain seperti teks jangkar, misalnya. Ya, ini tidak sama dengan mengelola situs Anda sendiri – mis. Anda tidak memiliki kendali penuh atas backlink – tetapi masih ada banyak aspek yang dapat dinegosiasikan. Mari kita langsung saja membahas tentang cara membuat backlink berkualitas!

Mendapatkan Backlink dengan Cara Alami

Gagasan di balik menyertakan backlink sebagai bagian dari algoritma peringkat halaman adalah bahwa jika sebuah halaman bagus, orang akan mulai menautkannya. Dan semakin banyak backlink yang dimiliki halaman, semakin baik.

Namun dalam praktiknya tidak persis seperti ini. Atau setidaknya Anda tidak selalu dapat mengandalkan kenyataan bahwa konten Anda baik dan orang-orang akan menautkannya kepada Anda.

Ya, jika konten Anda bagus dan relevan, Anda bisa mendapatkan banyak backlink berkualitas, termasuk dari situs-situs dengan topik yang sama dengan Anda (dan ini adalah jenis backlink paling berharga, terutama jika anchor text mengandung kata kunci Anda) tetapi apa yang Anda dapatkan tanpa upaya bisa kurang dari apa yang Anda butuhkan untuk berhasil mempromosikan situs Anda.

Jadi, Anda kurang dari yang Anda butuhkan untuk berhasil mempromosikan situs Anda. Jadi, Anda harus menggunakan cara lain untuk memperoleh backlink berkualitas seperti yang dijelaskan selanjutnya.

Cara untuk Membangun Backlink

Bahkan jika banyak backlink datang ke situs Anda dengan cara alami, backlink berkualitas tambahan selalu diterima dan waktu yang Anda habiskan untuk membangunnya tidak sia-sia. Di antara cara membangun tautan yang dapat diterima adalah terdaftar di direktori, memposting di forum, blog, dan direktori artikel.

Cara-cara yang tidak dapat diterima termasuk inter-linking (menautkan dari satu situs ke situs lain, yang dimiliki oleh pemilik yang sama atau ada terutama dengan tujuan untuk menjadi link farm), menghubungkan ke situs spam atau situs yang meng-host segala jenis konten ilegal, membeli tautan dalam jumlah besar, menghubungkan ke pertanian tautan, dll.

Langkah pertama dalam membangun backlink adalah menemukan tempat dari mana Anda bisa mendapatkan backlink berkualitas. Asisten yang berharga dalam proses ini adalah alat Pembuat Tautan Balik.

Ketika Anda memasukkan kata kunci pilihan Anda, alat Backlink Builder memberi Anda daftar situs tempat Anda dapat memposting artikel, pesan, posting, atau sekadar tautan balik ke situs Anda. Setelah Anda memiliki daftar mitra backlink potensial, terserah Anda untuk mengunjungi setiap situs dan memposting konten Anda dengan backlink ke situs Anda di dalamnya.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa situs seperti itu, yang terdaftar oleh alat Pembuat Backlink menyediakan aset berharga seperti backlink secara gratis. Jawabannya sederhana – mereka membutuhkan konten untuk situs mereka.

Ketika Anda memposting artikel, atau mengirimkan tautan ke situs Anda, Anda tidak dibayar untuk ini. Anda memberi mereka secara gratis sesuatu yang mereka butuhkan – konten – dan sebagai balasannya mereka juga memberi Anda secara gratis sesuatu yang Anda butuhkan – backlink berkualitas.

ni adalah perdagangan bebas, selama situs yang Anda posting konten atau tautan Anda dihormati dan Anda tidak memposting tautan atau konten palsu.

Baca juga: Apa itu SEO?

Mendaftar di Direktori

Jika Anda serius tentang keberadaan Web Anda, terdaftar di direktori seperti DMOZ, Yahoo, Jasmine Directory dan direktori berkualitas lainnya adalah suatu keharusan – tidak hanya karena ini adalah cara untuk mendapatkan beberapa backlink berkualitas gratis, tetapi juga karena dengan cara ini Anda mudah diperhatikan oleh mesin pencari dan pengunjung potensial.

Umumnya dimasukkan dalam direktori pencarian gratis tetapi kekurangannya adalah bahwa kadang-kadang Anda harus menunggu beberapa bulan sebelum Anda terdaftar dalam kategori pilihan Anda.

Direktori Forum dan Artikel

Umumnya mesin pencari mengindeks forum sehingga posting di forum dan blog juga merupakan cara untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan jangkar teks yang Anda inginkan. Jika forum atau blog itu yang dihormati, backlink itu berharga. Namun, dalam beberapa kasus, administrator forum atau blog dapat mengedit posting Anda, atau bahkan menghapusnya jika tidak sesuai dengan kebijakan forum atau blog.

Juga, kadang-kadang administrator tidak mengizinkan tautan dalam posting, kecuali jika itu relevan. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi (yang lebih merupakan pengecualian daripada aturan) pemilik forum atau blog akan melarang mesin pencari mengindeksnya dan dalam hal ini posting backlink tidak ada gunanya.

Walaupun posting forum bisa pendek dan tidak memerlukan banyak usaha, mengirimkan artikel ke direktori bisa lebih memakan waktu karena umumnya artikel lebih panjang dari posting dan perlu pemikiran yang cermat saat menulisnya. Tetapi itu juga bernilai dan tidak begitu sulit untuk dilakukan.

Pertukaran Konten dan Program Afiliasi

Pertukaran konten dan program afiliasi mirip dengan metode sebelumnya untuk mendapatkan backlink berkualitas. Misalnya, Anda dapat menawarkan ke situs tertarik, umpan RSS gratis. Ketika situs lain mempublikasikan feed RSS Anda, Anda akan mendapatkan backlink ke situs Anda dan berpotensi banyak pengunjung, yang akan datang ke situs Anda untuk rincian lebih lanjut tentang tajuk utama dan abstrak yang mereka baca di situs lain.

Program afiliasi juga baik untuk mendapatkan lebih banyak pengunjung (dan pembeli) dan untuk membangun backlink yang berkualitas tetapi mereka cenderung menjadi cara yang mahal karena umumnya komisi afiliasi berada di kisaran 10 hingga 30%. Tetapi jika Anda memiliki program afiliasi, mengapa tidak menggunakannya untuk mendapatkan backlink yang lebih berkualitas?

Atau Anda dapat menggunakan layanan content placement. Yang seperti ini biasanya harganya cukup bervariasi.

Pengumuman Berita dan Siaran Pers

Meskipun ini bukan cara sehari-hari untuk membangun backlink, ini adalah pendekatan yang memberikan hasil yang baik, jika ditangani dengan benar. Ada banyak situs (misalnya, berikut adalah daftar beberapa di antaranya) yang mempublikasikan secara gratis atau dengan biaya pengumuman berita dan siaran pers.

Siaran pers yang ditulis secara profesional tentang peristiwa penting dapat membawa Anda banyak, banyak pengunjung dan tautan balik dari situs yang dihormati ke Anda adalah dorongan yang baik untuk upaya SEO Anda. Bagian yang sulit adalah Anda tidak dapat merilis siaran pers jika tidak ada yang layak diberitakan. Itulah mengapa kami mengatakan bahwa pengumuman berita dan siaran pers bukanlah cara komoditas untuk membangun backlink.

Artikel lainnya:

Praktik Membuat Backlink Yang Harus di Hindari

Salah satu praktik yang harus dihindari adalah pertukaran tautan. Ada banyak program, yang menawarkan tautan barter. Prinsipnya sederhana – Anda menaruh tautan ke situs, mereka memasang backlink ke situs Anda. Ada beberapa hal penting untuk dipertimbangkan dengan program pertukaran tautan. Pertama, berhati-hatilah dengan rasio antara tautan keluar dan masuk.

Jika tautan keluar Anda kali Anda masuk, ini buruk. Kedua (dan lebih penting) adalah risiko bahwa mitra pertukaran tautan Anda adalah pertanian tautan. Jika ini masalahnya, Anda bahkan bisa dilarang dari mesin pencari, sehingga terlalu berisiko untuk terlibat dalam program pertukaran tautan.

Menautkan ke tempat mencurigakan adalah hal lain yang harus Anda hindari. Meskipun benar bahwa mesin pencari tidak menghukum Anda jika Anda memiliki backlink dari tempat-tempat seperti itu karena Anda tidak dapat mengendalikan apa yang orang jahat tautkan, jika Anda memasuki program pertukaran tautan dengan yang disebut tetangga yang buruk dan tautan Anda bagi mereka, ini bisa menjadi bencana bagi upaya SEO Anda.

Demikian cara membuat backlink berkualitas.. Analisa backlink lebih dalam + disini

Semoga bermanfaat.

Tag: