Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

5 Cara Membuat Blog yang Menarik dan Banyak Dikunjungi Pembaca

  /  Info   /  5 Cara Membuat Blog yang Menarik dan Banyak Dikunjungi Pembaca
5 Cara Membuat Blog yang Menarik dan Banyak Dikunjungi Pembaca

5 Cara Membuat Blog yang Menarik dan Banyak Dikunjungi Pembaca

Bagi sebagian orang, menjadi blogger masih dianggap sebagai profesi yang keren. Karena bukan hanya bertugas membagikan artikel kepada pembaca, tapi bisa me-redesign blog-nya agar tampilannya lebih eye catching.

Ada beberapa cara membuat blog yg menarik supaya pengunjung betah berlama-lama dan tidak malas membaca konten yang dibagikan.

Penampilan dari blog menjadi perhatian di samping peningkatan kualitas konten. Tentunya menjadi hal percuma jika isi artikel bagus tapi tampilannya membuat pembaca bosan. Padahal jumlah pengunjung bisa menjadi penentu blog tampil di halaman pertama pencarian Google.

Supaya lebih menarik, coba ikuti 5 cara di bawah ini:

Cara Membuat Blog yg Menarik Melalui Tampilannya

1. Memakai Template Custom

Blogspot memang sudah menyediakan template default yang dapat digunakan para blogger untuk menghiasi blog-nya. Bahkan untuk versi 2020 saja di-update tema yang lebih menampilkan kesan modern dan minimalis. Tujuannya agar bisa relevan dengan tren saat ini. Tapi bagi sebagian blogger, template bawaan tersebut dianggap kurang menarik.

Solusi untuk membuat tampilan lebih estetik yaitu dengan menggunakan template custom. Para developer menyediakan tema custom yang dibekali banyak kelebihan. Beberapa di antaranya yaitu didukung slot iklan Google Adsense, fitur navigasi, SEO friendly, dan support social media share. Jadi pastikan pembaca mendapatkan kesan nyaman saat mengunjungi blog.

2. Memakai Domain TLD

Ketika membuat blog di BlogSpot, pengguna akan mendapatkan domain bawaan, yakni blogspot.com. Tapi domain tersebut dirasa terlalu panjang dan susah diingat. Agar lebih menarik dan tampak profesional, sebaiknya ganti dengan domain yang pendek supaya mudah dihafal saat ingin mengunjungi blog.

Para blogger bisa menggunakan Top Level Domain supaya blog-nya berpotensi tampil di halaman pertama google. Saat ini sudah banyak yang menjual domain dengan harga sewa murah per tahunnya. Bahkan ada juga domain gratis, meskipun dibatasi waktunya.

Beberapa domain yang cukup populer adalah COM, US, ORG, NET, BIZ, dan EU. Ini dapat didapatkan dengan membeli nama domain dan juga hosting (berbayar).

3. Menentukan Color Theme

Cara membuat blog yg menarik ketiga yaitu dengan mempercantik tampilannya. Bukan hanya dari segi pemilihan template, tapi juga menentukan warna untuk website yang nyaman di mata. Hindari penggunaan warna rainbow, karena terlalu ramai dan membuat mata lebih cepat lelah saat membaca konten, terlebih jika artikelnya panjang.

Dalam satu artikel, sebaiknya gunakan maksimal tiga jenis warna. Untuk tulisan pilihlah warna hitam seperti pada umumnya. Sedangkan background putih atau warna-warna kalem dan tidak terlalu terang. Lalu berilah warna berbeda pada bagian link, misalkan merah atau biru supaya mudah dikenali dan dapat diakses pembaca.

4. Memasang Widget

Widget merupakan ruang tambahan yang berisi informasi guna melengkapi tampilan saat pembaca mengakses konten. Jika ingin blog terlihat menarik, pastikan menempatkan widget secara tepat dan sesuai komposisi. Beberapa macam widget adalah:

  • Search bar.
  • About me.
  • Follower.
  • Popular post.
  • Social media link.
  • Latest post.

5. Mengoptimalkan Gambar dalam Postingan

Blog akan tampak lebih menarik jika para blogger tidak hanya mengisi kontennya dengan teks saja. Dalam sebuah artikel bisa diselipkan gambar atau video pendek yang di-embed dari YouTube atau Vimeo. Hal ini membuat tampilan menjadi hidup dan variatif.

Gambar yang disertakan tidak harus berupa foto-foto kegiatan. Para blogger dapat menampilkan keahliannya dengan menambah gambar ilustrasi, desain grafis, atau screenshot. Optimalkan cara ini dan pastikan perbandingan antara artikel dan foto seimbang.

Hal Paling Penting dari pada Desain Blog/Situs Web

Tampilan blog memang penting. Tapi jangan abaikan faktor paling penting dalam membangun blog. Apapun tujuan Anda memulai blog, untuk menulis konten yang Anda sukai, web untuk berbisnis, hingga sebagai media promosi bisnis Anda.

Faktor penting yang membuat pengunjung Anda datang mengunjungi blog adalah:

  • Blog Anda memberikan konten yang menjawab, menyelesaikan, & berguna untuk pengunjung atau target audiens Anda.
  • Konten memiliki minat pencarian yang tinggi, Anda dapat melakukan riset keyword terlebih dahulu.
  • Konten unik (konten duplikat sangat bahaya untuk blog Anda)
  • Pengoptimalan URL/permalink. Lebih pendek lebih bagus.
  • Bagikan konten secara konsisten.
  • Optimasi Mesin Pencari (SEO), yang merupakan praktik agar blog Anda dapat muncul di pencarian teratas Google.
  • Dll.

Itulah cara membuat blog yg menarik supaya jumlah pengunjung meningkat. Para blogger bebas memodifikasi blog-nya dengan pemilihan template dan variasi konten. Tampilan harus diperhatikan agar memberikan kesan nyaman kepada pembaca saat mengunjungi blog pertama kali. Selain itu gunakan Top Level Domain supaya terlihat lebih profesional.