Cek Visa Progresif Umroh
CategoriesBisnisInfo

8 Cara Cek Visa Progresif Umroh Sebelum Berangkat

Sudah paham bagaimana cara cek visa progresif umroh? Sebagai pengenalan, visa progresif bisa diartikan sebagai tambahan biaya dalam pembuatan visa untuk para calon jamaah umroh untuk yang sudah pernah melaksanakan ibadah ini dalam kurun waktu kurang dari dua tahun. 

Bagi sebagian orang yang ingin pergi ke luar negeri, khususnya untuk umat Islam yang ingin melaksanakan ibadah umroh, maka sudah seharusnya paham tentang jenis visa progresif. 

Pasalnya, ini berkaitan dengan perjalanan yang akan dilakukan. Baiklah, langsung saja simak bagaimana caranya mengecek visa tersebut sebelum Anda melangsungkan ibadah umroh di Tanah Suci. 

Penjelasan Visa Progresif Umroh

Sebelum memberikan cek visa progresif umroh, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai visa progresif yang lebih dalam. Pasalnya, visa ini diatur pada tahun 2018 untuk para umat Islam yang akan melangsungkan ibadah suci ke Mekkah. 

Dalam poin ini, awalnya visa progresif memiliki biaya sebesar 2000 riyal atau Rp 7.800.000. Namun sekarang telah berubah menjadi 300 riyal atau Rp 1.100.000.

Cek Visa Progresif Umroh

Tentu saja, ini menjadi perubahan yang besar karena ada begitu banyak umat Islam yang terbantu dengan keringanan tersebut. Selain itu, pemohon visa progresif juga hanya perlu menyiapkan beberapa dokumen persyaratan, seperti:

  • Paspor dari jemaah yang akan berangkat ke Tanah Suci
  • Kartu Keluarga (KK) milik jemaah umroh
  • Buku nikah (bagi jemaah umroh yang akan pergi dengan pasangannya)
  • Bukti kuning (berkas rumah sakit yang akan menjadi bukti pada saat vaksinasi di rumah sakit)
  • Surat Mahram (bagi jemaah wanita yang tidak memiliki pendampingan dari suami atau anggota keluarga lainnya)
  • Pas foto berwarna dengan ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar
  • Bukti akomodasi, tiket pesawat, dan jadwal penerbangan yang sudah dipesan

Panduan Cek Visa Progresif Umroh

Kami yakin sekali masih ada banyak jemaah yang belum mengetahui bagaimana cara cek visa progresif untuk jamaah umroh. Namun jangan khawatir karena kami akan menjelaskannya secara sederhana dan lengkap. 

Secara umum, jemaah umroh Ramadhan Indonesia bisa melakukan pengecekan visa progresif secara pribadi melalui situs resmi Kementerian Haji Saudi Arabia. Akan tetapi, situs ini belum menyediakan bahasa Indonesia. Maka dari itu, simak bagaimana cara mengeceknya:

  • Kunjungi situs resmi Kementerian Haji Saudi Arabia melalui eservices.haj.gov.sa/VisaProgresif. Kemudian, pilih opsi Bahasa Inggris yang tersedia di dalamnya. Perlu dipahami bahwa situs tersebut hanya memiliki 3 bahasa saja, yaitu Arab, Inggris, dan bahasa Prancis
  • Selanjutnya, pilih opsi negara Indonesia dan masukkan nomor paspor milik Anda pribadi
  • Jika sudah, masukkan Image Code pada kolom yang tersedia lalu klik tombol Search
  • Selesai! Apabila Anda merupakan jemaah yang tidak terkena visa progresif, maka layar akan menunjukkan keterangan bahwa paspor tersebut bebas dari visa progresif. Namun jika terkena progresif, nantinya akan ada informasi lainnya yang muncul di layar Anda

Beberapa Aturan Yang Harus Ditaati

Setelah mengetahui bagaimana cara cek visa progresif umroh, sekarang pahami juga apa saja aturan yang harus ditaati oleh para pemilik visa umroh. Karena terdapat aturan yang memang sudah diatur oleh pemerintah, seperti:

  • Hanya boleh digunakan untuk keperluan ibadah saja
  • Harus sesuai dengan masa berlaku dari visa umroh
  • Harus dibuat menggunakan data pribadi milik sendiri

Kesimpulannya, cara cek visa progresif umroh penting dipahami oleh semua jamaah, khususnya untuk yang akan melangsungkan ibadah tersebut di Tanah Suci. Semoga ibadah ini mendapatkan ridho-Nya dan Anda bisa sehat dan selamat sampai nanti kembali ke tanah air. 

Baca Juga: Tawaf Wada Adalah, Waktu Pelaksanaan, dan Caranya