Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Izin SLF adalah Hal yang Penting, Ini Syarat dan Cara Pengurusannya

  /  Info   /  Izin SLF adalah Hal yang Penting, Ini Syarat dan Cara Pengurusannya
Izin SLF

Izin SLF adalah Hal yang Penting, Ini Syarat dan Cara Pengurusannya

Mengurus izin SLF adalah sebuah hal yang terbilang susah-susah gampang. Jika Anda ingin tahu, syarat dan cara mengurus SLFadalah sebagai berikut. Izin SLF adalah sebuah singkatan dari Sertifikat Laik Fungsi.

Sertifikat Laik Fungsi merupakan sebuah dokumen yang menyatakan selesainya pembangunan sebuah bangunan. SLF ini dikeluarkan oleh pemda untuk bangunan yang telah selesai dibangun. Penerbitan sertifikat ini haruslah memenuhi persyaratan kelaikan teknis dan fungsi IMB. Kecuali SLF untuk bangunan gedung diterbitkan oleh pemerintah pusat.

Penerbitan SLF ini dilakukan oleh pihak berwenang dengan melalui proses pengecekan bangunan yang ketat. Sertifikat ini memiliki masa berlaku sesuai dengan jenis bangunan. Masa berlakunya izin SLF adalah 5 tahun untuk bangunan umum. Sedangkan untuk bangunan tempat tinggal adalah selama 20 tahun.

Apa Fungsi dari SLF?

Fungsi Izin SLF adalah memberikan pernyataan kelayakan, perlindungan hukum, dan lainnya untuk sebuah bangunan yang telah selesai dibangun. Fungsi yang lebih jelasnya ada di bawah ini.

Mewujudkan Kegunaan dari Suatu Bangunan

Kesalahan perhitungan dalam sebuah bangunan dapat berakibat sangat fatal. Sebab dapat menyebabkan bangunan tidak berfungsi sesuai rencana dan anggaran pembangunan pun bisa hancur berantakan. SLF ini bisa terbit jika utilitas bangunan memenuhi syarat. Utilitas tersebut meliputi instalasi listrik, sistem pembuangan limbah, sistem pencahayaan, dan lainnya. Utilitas ini sangatlah penting terpenuhi kelayakannya, jika ingin mendapatkan izin SLF dari pemerintah.

Dengan adanya sertifikat tersebut membuat para kontraktor lebih teliti dan berhati-hati melakukan perhitungan. Supaya proyek yang dikerjakan bisa mendapatkan SLF dari pemerintah. Dan ada banyak jasa pengurusan SLF di internet

Menjamin Keamanan untuk Penghuninya

Sebuah bangunan yang mempunyai SLF adalah bangunan yang benar-benar memenuhi syarat dan dapat memberikan jaminan kelayakan fungsi untuk penghuninya. Oleh karena itu, dengan adanya sertifikat tersebut keamanan untuk sebuah gedung lebih terjamin.

Memberikan Kepastian Hukum

Sertifikasi bangunan ini juga berfungsi untuk memberikan perlindungan hukum secara mutlak. SLF ini juga dapat memberikan pernyataan legalitas sebuah bangunan. Dengan demikian, jika ada permasalahan hukum mengenai bangunan tersebut, permasalahan itu dapat diselesaikan secara legal.

Baca juga: Paving Block Adalah Material Terbaik Untuk Menahan Tanah Saat Hujan

Prosedur dan Dokumen yang Berkaitan dengan SLF

Mengurus SLF adalah suatu hal yang tergolong cukup butuh sedikit kesabaran. Mengingat banyaknya persyaratan yang harus terpenuhi. Untuk dapat mengurus izin SLF haruslah memenuhi beberapa persyaratan terlebih dahulu. Beberapa persyaratan tersebut tercantum di daftar berikut ini.

  1. Foto lengkap bangunan beserta fasilitasnya.
  2. Memiliki surat pengajuan SLF.
  3. Fotocopy identitas pemohon. Terdiri dari KTP untuk WNI dan visa atau paspor untuk WNA.
  4. Akta pendirian dan perubahan bangunan, NPWP dan SK resmi untuk pemohon dari sebuah instansi usaha atau hukum.
  5. Fotocopy bukti hak atas tanah atau bukit kepemilikan tanah. Bukti ini meliputi Surat Hak Pakai, SHM atau SHGB, dan surat kerjasama antara pengelola tanah dan pemiliknya.
  6. Laporan direksi pengawas pembangunan. Bisanya juga melampirkan TDR atau SIUJK pemborong.
  7. Berita acara mengenai bangunan yang telah selesai dibangun dengan memenuhi ketentuan dan sesuai IMB.
  8. Menyerahkan softcopy dan hardcopy dari as building yang akan diajukan izin SLF-nya.

Syarat tersebut adalah segelintir bagian dari hal yang harus dipenuhi untuk membuat SLF. Sebab, masih ada lagi beberapa syarat mengurus SLF. Namun jika telah terpenuhi semuanya, Anda dapat mengajukan SLF kepada DPMPTSP. Dalam pengurusan ini pemohon tidak akan dikenakan biaya sedikitpun alias gratis.

Izin SLF ini sangat penting untuk membuktikan legalitas kelayakan bangunan dan memberikan perlindungan dari hukum secara mutlak. Oleh sebab itu, Anda wajib memilikinya.