Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Panduan Sukses Memulai Bisnis Kosmetik Dari Awal

  /  Bisnis   /  Panduan Sukses Memulai Bisnis Kosmetik Dari Awal
Panduan Sukses Memulai Bisnis Kosmetik Dari Awal

Panduan Sukses Memulai Bisnis Kosmetik Dari Awal

Apakah anda ingin memulai bisnis kosmetik? Jika iya, maka panduan dari kami berikut sebaiknya tidak anda lewatkan.

Saat ini kosmetik telah menjadi kebutuhan utama bagi kaum adam untuk menunjang penampilannya agar tampil cantik dan menawan. Sehingga bukan hal yang mengherankan jika permintaan akan kosmetik semakin meningkat setiap tahunnya.

Bahkan data yang diluncurkan oleh market search menyebutkan bahwa:

“Pasar kosmetik dunia akan menghasilkan pendapatan mendekati angka $429,8 miliar di tahun 2022 mendatang.”

Dari angka tersebut dapat dikatakan bahwa bisnis kosmetik saat ini adalah salah satu bisnis yang sangat menjanjikan di tahun ini dan tahun mendatang.

Jika anda tertarik untuk memulai bisnis kosmetik, kami akan memberikan anda sebuah panduan sukses untuk anda untuk memulainya. Penasaran? Langsung saja, simak panduan lengkapnya berikut ini.

Memulai Bisnis Kosmetik Dengan Brand Sendiri

Sumber gambar: pexels.com/Polina-Tankilevitch

Terdapat banyak pilihan untuk memulai bisnis produk kosmetik, salah satunya adalah dengan memproduksi produk kosmetik brand sendiri. Pilihan yang satu ini memang dapat cukup memakan cost lumayan besar, namun prospek yang dijanjikan dapat dikatakan sebanding dengan biaya produksi kosmetik tersebut.

Untuk memulai bisnis kosmetik dengan brand sendiri, berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat anda ikuti.

Menentukan Produk Kosmetik yang Akan Diproduksi

Jika anda ingin memulai bisnis kosmetik dengan brand anda sendiri, memiliki pengetahuan tentang produk kosmetik apa yang akan anda jual adalah penting. Dalam hal ini, anda harus mempelajari terlebih dahulu mengenai produk kosmetik apa yang tengah laris di pasaran.

Jadikan tren kecantikan sebagai kiblat anda dalam memilih produk kosmetik apa yang akan anda produksi. Misalnya, jika tren kecantikan hari ini lebih mengarah kepada tren kecantikan natural, maka pertimbangkan untuk membuat kosmetik yang memberikan efek natural.

Bekerjasama Dengan Jasa Maklon Kosmetik

Membuat kosmetik dengan brand sendiri, apakah anda harus memiliki pabrik kosmetik sendiri?.

Jawaban untuk pertanyaan diatas adalah tidak. Anda dapat memanfaatkan pihak kedua yakni perusahaan atau jasa maklon kosmetik untuk memproduksi kosmetik yang anda inginkan. 

Jasa maklon kosmetik akan membantu segala hal terkait dengan produksi kosmetik anda, mulai dari dari penyediaan formula, bahan baku, produksi hingga desain kemasan.  

Umumnya, pihak jasa maklon akan memberikan sample produk terlebih dahulu sebelum melakukan produksi massal. Sehingga anda dapat melihat bentuk produk kosmetik anda sebelum nantinya diproduksi.

Mengurus Perizinan

Perizinan adalah bagian yang amat penting dalam memulai bisnis produk kecantikan. Tanpa perizinan, maka produk kosmetik anda tidak akan dapat beredar di pasaran.  Perizinan ini harus anda urus sebelum proses produksi massal produk kosmetik anda.

Adapun perizinan yang perlu diurus adalah meliputi registrasi BPOM, sertifikasi MUI dan sertifikasi HAKI (Hak atas Kekayaan Intelektual). Perizinan ini umumnya memakan proses cukup panjang, namun terdapat beberapa jasa maklon kosmetik seperti jasamaklon.co.id yang menawarkan layanan untuk pengurusan perizinan ini.

Setelah masalah perizinan selesai, maka anda dapat mulai memasarkan produk kosmetik anda di pasaran.

Memulai Bisnis Dengan Menjadi Reseller 

Sumber gambar: pexels.com/Vie-Studio

Selain dengan membuat produk kosmetik sendiri dengan bekerja sama dengan perusahaan atau jasa maklon kosmetik, anda juga dapat memulai bisnis ini dengan menjadi reseller kosmetik.

Dibandingkan dengan cara pertama, cara kedua ini dapat dikatakan adalah yang lebih hemat dari segi biaya. Menjadi reseller di sini adalah anda dapat menyetok beberapa produk kosmetik dari distributornya dan kemudian menjualnya kembali dengan menggunakan harga anda sendiri. 

Adapun langkah yang perlu anda lakukan untuk memulainya adalah sebagai berikut.

Membuat Rencana Bisnis 

Membuat rencana bisnis menjadi langkah pertama menurut kami yang harus anda lakukan. Rencana bisnis akan membuat penerapan strategi dan sasaran pasar anda menjadi lebih jelas.

Sebelum melakukan penyetokan, buatlah rencana bisnis yang jelas meliputi produk yang akan anda jual, media pemasaran anda dan juga keuntungan yang anda targetkan setiap bulannya. Jangan lupa juga untuk menganalisis strategi pemasaran kompetitor anda untuk mematangkan rencana bisnis anda.

Memilih Distributor atau Supplier Produk

Langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah memilih supplier produk kosmetik yang akan anda stock. Dalam hal ini, carilah supplier produk terpercaya yang telah memiliki nama besar dan reputasi yang baik.

Untuk mencarinya, anda dapat menggunakan media sosial seperti instagram atau mencarinya langsung di pencarian Google.

Memasarkan Produk di Marketplace atau Media Sosial

Setelah memastikan kedua hal sebelumnya, anda dapat mulai memasarkan produk kosmetik yang anda stok. Media sosial dan marketplace menjadi media yang paling kami sarankan untuk anda gunakan sebagai tempat pemasaran anda.

Buatlah akun media sosial dan marketplace untuk bisnis produk kosmetik anda. Selanjutnya mulai pasarkan produk kosmetik anda. Untuk pemasaran melalui media sosial akan kami jelaskan lebih mendalam di bagian strategi pemasaran produk di bawah.

Memulai Bisnis Kosmetik Dengan Menjadi Dropshipper

Sumber gambar: pexels.com/vie-studio

Jika anda tidak banyak biaya, bahkan untuk melakukan stock produk kosmetik, menjadi dropshipper adalah pilihan terakhir memulai bisnis produk kosmetik yang dapat anda pertimbangkan. 

Sistem bisnis dropshipping memungkinkan anda untuk menjualkan suatu produk tanpa harus melakukan stock. Produk yang anda pasarkan nantinya akan dikirimkan langsung ke customer anda dari distributor produk yang anda ajak bekerja sama.

Sebagai contoh sederhana, misalnya jika anda memasarkan lipstik brand A. Kemudian terdapat customer yang memesan dari anda, maka anda dapat menghubungi distributor lipstik A untuk mengirimkan produk ke customer anda. 

Poin utamanya, anda hanya menjadi pihak ketiga yang memproses transaksi jual beli. Untuk menjadi dropshipper kosmetik, berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan:

Memilih Distributor Kosmetik Terpercaya

Sama dengan sebelumnya, salah satu langkah utama yang harus anda lakukan ketika memulai bisnis produk kosmetik dengan cara menjadi dropshipper adalah memilih distributor kosmetik yang tepat. 

Saat ini, terdapat banyak distributor kosmetik yang dapat anda jadikan pilihan penyedia produk yang anda akan jualkan, Namun dalam hal ini, kami menyarankan anda untuk mencari distributor yang profesional dalam penanganan program dropshipping nya.

Biasanya distributor kosmetik professional akan menanggapi pemesanan dengan cepat. Selain itu, mereka akan menyiapkan daftar produk yang diberikan kepada dropshipper untuk mempermudah pengecekan penyediaan produk (biasanya dalam bentuk Google sheet). 

Anda dapat mencoba mencari sejumlah distributor atau toko online yang menyediakan program dropshipping ini di Instagram dan pencarian Google. Sebelum mendaftar ke suatu program dropshipping, sebaiknya anda mengecek terlebih dahulu review mengenai distributor atau toko online tersebut.

Memilih Produk Kosmetik yang Akan Anda Promosikan 

Biasanya distributor produk kecantikan akan menyediakan banyak pilihan produk kosmetik yang dapat anda pasarkan. Untuk bagian ini, kami menyarankan anda agar menjual produk kosmetik yang sesuai dengan tren kecantikan hari ini, 

Misalnya, jika tren kecantikan yang tengah booming adalah kulit glowing, maka anda dapat mempertimbangkan memilih produk kecantikan yang dapat membuat kulit menjadi glowing.

Pantau Ketersediaan Produk

Sebelum memasarkan suatu produk kosmetik, pastikan anda memastikan ketersediaan produk tersebut pada distributor anda. Anda akan sangat mengecewakan customer anda jika anda menawarkan produk yang sekiranya telah out of stock.

Inilah alasan mengapa kami menyarankan anda untuk memilih distributor yang menyediakan daftar ketersediaan produk yang mereka jual.

Gunakan Media Sosial untuk Memasarkan Produk

Jika anda memulai bisnis produk kosmetik dengan menjadi dropshipper, menggunakan media sosial menjadi opsi pemasaran paling ekonomis untuk anda coba. 

Anda dapat membuat akun media sosial untuk bisnis dropship kosmetik anda dan kemudian mulai memasarkan produk. Opsi lain, anda juga dapat memanfaatkan marketplace belanja online seperti Lazada, Shopee, Tokopedia dan lainnya. Untuk penjelasan lebih lengkap, kami akan pada strategi pemasaran produk di bawah.

Strategi Pemasaran Produk Kosmetik

Sumber gambar: pexels.com/Dominika-Roseclay

Untuk lebih mempermudah anda dalam memulai bisnis ini, kami juga merangkum beberapa strategi pemasaran efektif untuk membantu penjualan produk kosmetik anda. Adapun beberapa strategi tersebut adalah sebagai berikut:

Membuat Toko Online

Di zaman serba online seperti ini, untuk mengembangkan bisnis, memiliki website adalah salah satu hal yang sangat penting. Jika anda ingin bermain di skala bisnis yang lebih besar, maka anda membutuhkan toko online untuk membantu menjangkau lebih calon customer.

Toko online layaknya sebuah etalase digital yang mempermudah calon customer anda untuk melihat dan memahami produk kosmetik yang anda jual. Selain itu, toko online juga mempermudah untuk mengarahkan calon customer anda untuk melakukan transaksi.

Manfaat Media Sosial

Selain toko online, alat marketing penting lainnya yang anda butuhkan untuk memasarkan produk kosmetik jualan anda adalah media sosial. Tidak terbantahkan bahwa media sosial saat ini telah menjadi salah satu media yang sangat efektif untuk menjangkau banyak calon customer.

Hampir semua bisnis saat ini memiliki media sosialnya sendiri guna mempermudah mereka untuk mempromosikan produk yang mereka gunakan.  Anda juga dapat menggunakan media sosial ini untuk membangun kepercayaan calon customer anda kepada produk yang anda tawarkan.

Untuk itu, ketika anda memulai bisnis ini, sebaiknya anda telah menyiapkan media sosial untuk bisnis kosmetik anda. Setelah itu, anda dapat menyusun konten untuk anda unggah di media sosial bisnis anda.

Dalam hal ini, kami menyarankan agar anda tidak hanya mengunggah konten berupa promosi produk, namun juga konten edukatif mengenai kosmetik. Misalnya, seperti rekomendasi kosmetik murah, perbedaan antara kosmetik A dan B dan lainnya.

Hal ini diperlukan untuk mencegah audiens anda bosan dengan konten yang anda sajikan.

Menggunakan Iklan Online

Menggunakan iklan online juga termasuk salah satu cara yang efektif untuk memasarkan produk kosmetik. Iklan online yang kami maksud disini dapat berupa apa saja seperti Google Ads (iklan di Google), content placement, social media ads (iklan media sosial) dan lainnya.

Jika anda memiliki toko online, anda dapat menggunakan Google Ads untuk mempromosikan toko online di pencarian Google. Anda juga dapat menggunakan social media ads untuk membuat toko online, akun bisnis atau produk yang anda publikasi di media sosial muncul di pencarian pengguna media sosial.

Sedangkan untuk content placement, anda dapat bekerja sama dengan blog kecantikan tertentu dan meminta mereka untuk memberikan review atau mempromosikan produk anda di blog mereka.

Mempromosikan Produk Secara Langsung

Strategi pemasaran produk kosmetik yang terakhir yang juga dapat anda coba adalah dengan melakukan promosi langsung. Jika anda memiliki brand kosmetik anda sendiri, anda dapat mempromosikannya di sejumlah event atau pusat keramaian seperti di mall, bazaar, event tertentu dan lainnya.

Untuk strategi ini, mungkin anda akan mengeluarkan dana tertentu untuk menyewa space atau booth. Namun cara ini dapat cukup efektif untuk memperkenalkan produk kosmetik anda kepada para calon customer. Calon customer anda pun juga dapat mencoba langsung produk yang anda tawarkan.

Itulah panduan lengkap memulai bisnis kosmetik yang telah kami rangkum khusus untuk anda yang berminat terjun di bidang bisnis dengan target kaum hawa ini. Terima kasih telah mampir dan membaca artikel ini.