Follow us on social

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
magazine@example.com

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan

  /  Info   /  Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan
Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan

Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan

WC atau toilet yang mampet merupakan hal yang tidak menyenangkan. Ketika kloset mengalami mampet, biasanya disebabkan karena beberapa hal. Misalnya adalah septictank yang penuh atau ada kotoran yang menyumbat di dalamnya.

Ketika WC mampet, tentu saja akan membuat kesulitan baru saat membersihkan kamar mandi. Hal ini akan mengganggu kenyamanan Anda ketika menggunakan toilet. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengatasi WC yang mampet adalah memanggil jasa sedot WC, dengan mencari di Google seperti menggunakan keyword ‘jasa sedot WC Jakarta‘. Maka begitu banyak situs yang akan muncul untuk jasa itu.

Selain untuk mengatasi WC yang mampet, jasa sedot WC ini juga memiliki peran untuk membersihkan septic tank lho. Dengan rutin membersihkan septic tank tentu bisa mencegah WC mampet juga.

Tetapi, ada beberapa cara darurat yang bisa dilakukan ketika WC di rumah mengalami mampet atau tersumbat. Beberapa cara ini juga menggunakan alat-alat rumah tangga. Yuk simak ulasannya!

4 Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan

Menggunakan Garam Batu 

4 Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan
source: hellosehat.com

Cara yang paling cepat dan termudah untuk mengatasi toilet mampet adalah dengan memakai garam. Garam yang ideal untuk menangani penyumbatan toilet ialah jenis garam batu.

Jika tidak punya garam batu, Anda bisa menggunakan garam kasar yang sudah dicampur dengan soda kue atau baking soda untuk mengatasinya.Bagaimana cara mengatasi WC mampet dengan garam?

  • Air di dalam kloset tidak boleh penuh. Jangan sampai airnya meluber.  Apabila sudah terlanjur penuh, maka tunggulah air surut dan kembali ke keadaan semula.
  • Saetelah itu, masukkan satu cangkir (kurang lebih 500 gram) garam batu ke kloset yang mampet. Jika Anda menggunakan garam meja biasa atau garam kasar, tambahkan juga secangkir baking soda
  • Lalu, tuang 1 liter air panas ke dalam lubang tersebut.
  • Diamkan kurang lebih  8 jam hingga satu malam.
  • Setelah sekitar 8 jam, penyumbatan toilet harus dibersihkan. Anda hanya perlu menyiram toilet dengan banyak air untuk mendorong penyumbatan ke dalam tangki septik.
  • Jika kloset masih mampet, gunakan tongkat isap pompa / kloset untuk membantu mendorong sumbatnya, kemudian ulangi pompa hingga tabung pembuangan terlihat mulus.

Baca juga: 11 Cara Agar Tidak Malas Belajar Yang Harus Kamu Coba

Menggunakan Soda Api

4 Cara Mengatasi WC Mampet ala Rumahan
source: www.popmama.com

Wah bagaimana ya cara kerja soda api untuk mengatasi WC yang mampet? Coba gunakan soda api untuk langkah kedua Jika garam tampaknya tidak berhasil yang mungkin lebih efektif. 

Soda api akan bereaksi dengan air membuat sebuah gelembung. Gelembung ini nantinya akan yang membantu memecah penyumbatan secara organik. Meskipun bentuknya padat, soda api ini tidak akan menyumbat septic tank karena sifatnya yang mudah untuk larut dalam air.

Bagaimana cara menggunakan soda api untuk mengatasi WC yang mampet?

  1. Pertama, lakukan perlindungan diri terlebih dahulu karena bahan ini sifatnya keras. Gunakan sarung pelindung tangan, masker, kacamata, buka jendela untuk sirkulasi udara yang baik.
  2. Sama dengan cara sebelumnya, pastikan kondisi kloset tidak penuh dengan air. Tunggu hingga surut.
  3. Jika sudah surut, Anda bisa menuangkan setengah cangkir soda api atau sekitar 500 gram ke lubang kloset. Tuangkan pelan dengan menggunakan sendok atau wadah plastic.
  4. Lalu, tunggu selama 10 menit agar soda api ini bekerja.
  5. Kemudian, siram kloset untuk melihat kinerja soda api sudah berhasil atau belum. Jika masih mampet, ulangi cara yang sama dengan waktu yang lebih lama

Untuk melakukan cara ini, Anda harus hati-hati karena sifatnya yang keras dan korosif. 

Menggunakan Sabun Cuci Piring

Ternyata sabun cuci piring bisa digunakan untuk mengatasi WC yang mampet dan tersumbat lho. Anda bisa menggunakan media ini jika penyebab sumbatan adalah kertas, pembalut, atau tisu yang dibuang ke dalam lubang WC.

Meski terdengar tidak mungkin, ternyata cara ini ampuh lho. Bagaimana sih caranya?

  1. Kondisi lubang WC atau kloset harus surut dan tidak boleh meluber.
  2. Kemudian, tuangkan sabun cuci piring yang berbentuk cair ke dalam lubang kloset. 
  3. Setelah itu, Anda bisa menuangkan air panas ke dalamnya dan tunggu beberapa menit. Sabun cuci memiliki fungsi untuk melicinkan berbagai penyebab sumbatan ini dan air panas akan membuat longgar lubang saluran WC.
  4. Kemudian, siram kloset dengan air untuk melihat apakah sudah terselesaikan atau belum.

Mudah sekali bukan cara ini? Jika masih belum berhasil ulangi hingga beberapa kali. Segera panggil jasa sedot WC jika masih mampet sebelum semakin parah.

Menggunakan Plastic Wrap untuk WC Mampet

Siapa bilang plastic tidak bisa digunakan untuk mengatasi WC yang mampet. Cara ini terdengar kreatif dan patut dicoba. Bahan yang digunakan adalah plastic wrap. Jenisnya adalah yang biasa digunakan untuk membungkus berbagai keperluan dapur.

Bagaimana caranya ya?

  1. Kondisi lubang toilet tidak boleh penuh. Kemudian tutupi lubang kloset dengan plastic wrap dengan kuat.
  2. Lalu, pencet tombol flush sampai plastic wrapnya menggembung ke atas. Tekan ke bawah, lakukan beberapa kali.

Jika dirasa cukup, coba cek apakah masih tersumbat atau tidak. Tekanan yang diberikan plastic ini menjadi tekanan ke dalam agar tidak ada sumbatan lagi.

Beberapa cara di atas memanglah unik dan patut dicoba jika dalam keadaan darurat. Selamat mencoba!