Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Dua Objek Wisata Wajib Dikunjungi Gantong – Belitong

  /  Info   /  Dua Objek Wisata Wajib Dikunjungi Gantong – Belitong
objek wisata wajib dikunjungi

Dua Objek Wisata Wajib Dikunjungi Gantong – Belitong

Objek Wisata Wajib Dikunjungi – Kenyataannya, film Laskar Pelangi telah meningkatkan daya tarik beberapa tempat wisata Pulau Belitong. Pantai sering digunakan sebagai lokasi syuting. Ambil contoh Tanjung Tinggi. Sempatkan diri untuk berkunjung dan tidak lupa mampir ke Gantong untuk melihat bekas sekolah Muhammadiyah yang digunakan untuk syuting, mengunjungi Museum Kata Andrea Hirata, dan minum kopi hitam di Manggar .

Dengan mengendarai sepeda motor selama kurang lebih tiga jam dari Tanjunpandan. Ketika mendekati Gantong, Anda akan melihat sisa-sisa penambangan TI (timah) yang ditumbuhi pohon dan tanaman kayu putih. Hanya reruntuhan yang telah diubah menjadi rerimbunan pohon eukaliptus yang tumbuh lemah.

Objek Wisata Wajib Dikunjungi 

SD Muhammadiyah

Sekolah itu terbuat dari papan yang tidak dicat dan berdiri di atas gundukan pasir kecil yang agak datar. Bendera merah putih berkibar dari tiang yang ditempelkan di salah satu sisi gerbang di kiri depan sekolah. Di sebelah kanan sekolah, tumbuh rerimbunan pohon akasia yang lebat.

Sripoku.com

Dua tongkat kayu, seperti yang ditunjukkan dalam video, menopang sisi kanan dinding sekolah, mencegahnya runtuh. Atapnya terbuat dari seng berkarat. Kedua ruang kelas berisi banyak kursi. Namun, kondisi di dalam sangat kacau dan terabaikan. Interior dengan banyak grafiti dan kutu perenang. Melangkah keluar, berjalan cepat, dan kemudian menuju ke tepi rawa, mencari keteduhan pohon. Untuk sementara waktu, menjauhlah dari cuaca Gantong yang terik. Dari kejauhan terlihat gedung sekolah dan teringat masa-masa pengajian di pedesaan. Bentuk bangunannya memang mirip, tapi lokasi mengaji lebih substansial dan tidak terpencil seperti ini.

Terdapat berbagai kios makanan dan minuman ringan, kamar mandi, dan mushola sekitar 20 meter dari gedung sekolah. Ada juga bangunan kecil yang akan berfungsi sebagai ruang pamer. Halaman depan sekolah yang luas juga digunakan untuk berbagai kegiatan kreatif. Sayangnya, pertunjukan seni baru saja berakhir di sini beberapa hari sebelum kami datang. Sebuah panggung baru-baru ini dibongkar.

Bahkan setelah melihat gedung sekolah dalam video Laskar Pelangi, melihatnya secara langsung memiliki emosi tersendiri yang tidak mungkin untuk digambarkan. Untuk beberapa alasan, struktur itu tampaknya memiliki kehidupannya sendiri. Berpengalaman. Air mancur buatan di sebelah sekolah berfungsi sebagai lubang mesin waktu, membawaku kembali ke sekolah dasar. Masa kecil selama periode ini tidak dapat digambarkan sebagai menyenangkan. Kenikmatan ini justru muncul begitu momen-momen ini memudar ke dalam ingatan.

“Museum Kata” Andrea Hirata

Andrea Hirata, penulis tetralogi Laskar Pelangi, juga mendirikan museum di Gantong pada 2010 setelah sukses membawa Belitong mendunia. Dekat dengan sekolah Muhammadiyah. Museum Andrea Hirata, sesuai dengan tanda jingga di depan gerbang. Museum ini memamerkan kutipan dari banyak penulis sastra terkenal, poster untuk film Laskar Pelangi, dan sampul buku LP yang telah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa berbeda. Nama museum menyiratkan bahwa museum ini terutama memamerkan karya-karya Andrea Hirata.

Setelah selesai berkeliling museum, mampirlah untuk menikmati secangkir kopi di Warkop Kopi Kuli yang terletak di tengah gedung. Dekorasi dapur ini hampir seluruhnya terbuat dari barang antik. Banyak mebel antik. Poster dari masa lalu. Bahkan kompor kopi pun masih menggunakan bahan bakar kayu. Di sudut ruangan, ada kantor pos kecil. Sayangnya, stok perangko dan kartu pos saat itu sedang habis.

Penggemar kopi mungkin akan betah berlama-lama di Manggar. Usahakan sampai di Manggar sebelum jam empat sore, karena para pedagang Warkop mulai menutup lapaknya setelah jam tersebut.  

Demikian ulasan tentang “Dua objek wisata wajib dikunjungi Gantong – Belitong”, apakah Anda mulai tertarik berwisata ke Belitong? Pastikan Anda memilih wisata open trip Belitung untuk kenyamanan berlibur. / Dy

Baca Juga: Rafting Bali Adalah Aktivitas Seru yang Wajib Dicoba