Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Paving Block Adalah Material Terbaik Untuk Menahan Tanah Saat Hujan

  /  Info   /  Paving Block Adalah Material Terbaik Untuk Menahan Tanah Saat Hujan
Paving Block Adalah Material Terbaik Untuk Menahan Tanah Saat Hujan

Paving Block Adalah Material Terbaik Untuk Menahan Tanah Saat Hujan

Paving block adalah sebuah komposisi bahan material yang dibuat dari bahan campuran semen portland atau juga disebut sebagai bahan perekat hidrolis, agregat dan air, tanpa menambahkan bahan lainnya yang bisa mengurangi kualitas beton tersebut. 

Karena dibuat dari bahan yang bermutu tinggi, sehingga material ini memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan karakteristik dengan mortar. Mortar sendiri adalah bahan bangunan yang terbuat dari material campuran seperti pasir dan juga agregat halus lain dengan pengikat dan juga air di dalam keadaan keras. Mortar memiliki sifat yang keras seperti bebatuan. 

Apakah Paving Block Adalah Bahan Material Terbaik?

Mungkin dikatakan terbaik jika fungsinya sesuai dengan kebutuhan yang Anda inginkan. Paving block memiliki nilai estetika yang baik, karena selain berbentuk segi empat atau polygonal, material tersebut juga bisa diwarnai seperti aslinya atau mendapat pewarna dalam komposisi produksinya. 

Material tersebut juga memiliki fungsi untuk lantai yang banyak digunakan di luar bangunan dan tidak akan retak atau melengkung. Paving Block adalah solusi terbaik untuk menahan tanah saat hujan dan banjir. Pemasangannya tidak sulit dan perawatannya pun terbilang mudah. 

Pemasangan yang terpola dengan baik akan menambah keindahan bangunan di sekitarnya. Yup, material ini diproduksi dalam warna alami, warna reguler (merah, hitam) dan warna khusus (hijau, kuning, biru). 

Selain itu, tersedia berbagai model, warna, dan ukuran. Dengan gaya dan pemasangan yang tepat, lantai yang berkualitas akan terlihat lebih menarik dan rapi. Anda juga bisa memilih berbagai desain yang menarik. 

Klasifikasi Paving Block Berdasarkan Pembuatannya

Berdasarkan dari cara membuatnya, material ini bisa digolongkan dari beberapa jenis, yakni: 

1. Dibuat Dengan Press Manual / Tangan

Jenis ini diproduksi dengan cara manual menggunakan tangan. Jenis ini tersebut termasuk jenis beton dengan kelas D (K 50-100). Dengan jenis manual tersebut umum dipakai sebagai perkerasan non struktural misalnya seperti trotoar jalan, halaman rumah, dan juga perkerasan lingkungan dengan daya beban yang rendah. 

2. Dibuat Dengan Mesin Vibrasi / Getar

Jenis yang kedua ini diproduksi menggunakan mesin press dengan sistem getar dan biasanya mempunyai kualitas beton kelas C sampai B (K 150-2500. Pada penggunaan, jenis material ini umum dipakai sebagai bahan alternatif perkerasan di lahan parkiran dan juga pelataran garasi rumah. 

3. Dibuat Dengan Press Mesin Hidraulis

Paving jenis terakhir ini dibuat dengan cara dipress memakai mesin press hidraulis dengan kuat tekan harus di atas 300 kg/cm. Jenis tersebut termasuk kategori paving dengan kualitas beton kelas B sampai A (K 300-4500. 

Penggunaannya pun bisa digunakan untuk keperluan non struktural dan juga keperluan struktural yang berguna untuk menahan beban berat di bagian atasnya seperti pada lahan pelataran terminal, pelabuhan, dan juga jalanan lingkungan. 

Desain dan Model Paving Block

Penasaran bagaimana sebenarnya penampakan dari paving block? Hm, secara umum sebenarnya model dan bentuk paving ada banyak sekali bahkan dengan desain yang juga beragam. Namun Anda pasti sering menjumpai beberapa bentuk paving di bawah ini: 

1. Berbentuk Persegi Panjang

Paving block dengan bentuk persegi panjang ini juga biasa disebut sebagai model batu bata. Bentuk tersebut sering digunakan pada pekerjaan konstruksi jalan yang kerap dilalui oleh kendaraan kecil dan juga kendaraan berat. Daya tahannya terbilang cukup kuat apabila dibandingkan dengan bentuk dan desain yang lain.

2. Berbentuk Segi Enam

Paving block segi enam atau juga disebut paving hexagon adalah model yang mempunyai desain cukup unik dan kerap dipakai pada pekerjaan konstruksi jalan bagian trotoar dan juga jalanan di lokasi perumahan. Jenis ini dipakai karena menambah kesan unik dari penampilannya. 

3. Berbentuk Ubin Set 

Yang terakhir ada paving block ubin set yang mempunyai bentuk serupa dengan paving persegi panjang. Namun tetap memiliki perbedaan di bagian pola permukaannya di mana paving block ubin set lebih terlihat sebagai kumpulan dari beberapa ubin. 

Nah, jadi paving block adalah bahan material yang memiliki kualitas baik untuk menahan tanah saat hujan. Terlebih, desain dari material tersebut unik dan bisa menambah keindangan. Namun jangan lupa untuk tetap melakukan curing beton supaya kualitas paving block tetap baik.