Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

Sewa Kapal

  /  Bisnis   /  Sewa Kapal
sewa kapal

Sewa Kapal

Liburan ke daerah perairan seperti laut, selat, danau, sungai akan terasa kurang apabila tidak menggunakan kapal. Tentunya tidak setiap orang memiliki kapal, oleh karenanya banyak orang memilih menyewa kapal. Sewa kapal bisa dilakukan melalui dua cara antara lain penyewaan lengkap dengan paket wisata dan langsung menyewa kapal kepada agen atau pemilik kapal.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hendak menyewa kapal agar tidak merugi. Tiap kapal berbeda mulai dari fasilitas, lisensi, kapasitas penumpang, kualitas mesin, dan lainnya. Oleh sebab itu simak tips-tips memilih sewa kapal berikut ini.

Tips Memilih Sewa Kapal

Tips-tips memilih kapal sewaan agar liburan dan berpergian menjadi menyenangkan dan aman.

1. Menentukan Destinasi Wisata

Hal pertama yang wajib dilakukan adalah menentukan destinasi wisata. Apabila Anda memilih agen wisata maka tanyakan dahulu rute yang akan dilalui. Serta apakah menyediakan fasilitas kapal atau harus menyewa kapal secara terpisah.

Misalnya, ketika rombongan tour akan pergi ke Pulau Kananga, maka rute menuju dan kembali dari tempat tersebut wajib diketahui. Jangan sampai perjalanan tersendat karena transportasi kurang memadai dan jam operasionalnya terbatas.

Biasanya menyewa kapal untuk beberapa orang memakan biaya cukup mahal. Jadi, tidak ada salahnya menegosiasikan harga paket wisata dengan agen wisata atau bersama-sama menyewa kapal dengan rombongan lain.

2. Fasilitas Dalam Kapal

Kapal yang terlihat bagus dan baru belum tentu fasilitasnya lengkap. Oleh karena itu, tanyakan apa saja fasilitas dalam kapal yang Anda nikmati selama pelayaran. Terutama ketika Anda membutuhkan waktu lebih dari 24 jam sampai ke tempat tujuan. Fasilitas kapan yang lengkap akan membuat Anda merasa aman dan nyaman saat berada pada perjalanan.

Lihat pula apakah kapal memiliki tempat tidur dengan kapasitas berapa orang. Kemudian fasilitas wc, dapur, AC, fasilitas kesehatan, fasilitas penyelamatan penumpang, ruang bersantai dan lainnya. Jangan sampai penumpang kapal membludak tetapi hanya tersedia 2 tempat tidur dan 1 wc.

3. Kunjungi Penyedia Sewa Kapal Langsung

Carilah jasa sewa kapal terpercaya melalui Google Search dan hubungi kontaknya. Jika ingin berbincang-bincang terkait harga, rute, fasilitas, dan pengendara kapal maka langsung datangi alamatnya.

Umumnya kantor jasa penyewaan kapal berada pada sekitar area pelabuhan. Anda pun dapat leluasa memilih jenis kapal yang digunakan, fasilitas, dan pengemudi kapal ataupun meminta pemandu perjalanan.

Pemesanan layanan penyewaan kapal langsung pada agen kapal lebih fleksibel. Jangan lupa apakah penyedia jasa juga menyediakan asuransi keselamatan perjalanan bagi tiap penumpang kapal. Selain itu, pada beberapa lokasi terdapat tempat peristirahatan pada tepian pelabuhan alias menepi sejenak.

4. Pilih Kapal Sesuai Kebutuhan

Agen penyewaan kapal yang terpercaya dan profesional biasanya menawarkan lebih dari satu jenis kapal. Bahkan, Anda dapat memilih deretan kapal yang ditepikan pada pinggir pelabuhan. Pilihlah kapal berdasarkan kebutuhan, baik itu dilihat dari waktu perjalanan, fasilitas, desain, dan besar kapal.

Jangan tergiur menyewa kapal dengan tarif murah tetapi Anda mengesampingkan kebutuhan. Waktu seharian diatas kapal akan menjadi pengalaman perjalanan kurang menyenangkan apabila banyak kebutuhan tidak terpenuhi.

Anda dapat mempertimbangkan ukuran kapal yang hendak disewakan apakah kecil, sedang , dan besar. Apabila kapal sudah Anda pilih tetapi budget masih kurang, maka tidak ada salahnya mengajak orang lain untuk membayar sewa kapal bersama-sama.

5. Ketersediaan Air Bersih dan Kamar Mandi

Air bersih merupakan hal wajib ada ketika Anda berpergian menggunakan kapal. Bayangkan saja ketika Anda sedang menempuh jalur laut tetapi Anda tidak membawa air bersih dan air minum. Tentu tidak mungkin Anda minum air laut atau mandi dengan air yang asin tersebut.

Dari sini disimpulkan bahwa ketersediaan air bersih dalam kapal menjadi hal penting. Selain itu, sewa kapal yang memiliki kamar mandi karena tidak mungkin Anda mandi langsung di laut atau sungai. Idealnya agen penyedia kapal sewaan juga menyediakan air bersih, air minum, kamar mandi, dan toilet dalam kapal.

6. Ketersediaan Makanan dan Minuman

Ditengah perjalanan jalur laut ataupun perairan lain tentu tidak ada penjual makanan dan minuman. Tentu saja Anda harus mengupayakan sendiri makanan dan minuman selama dalam perjalanan.

Namun, tidak perlu khawatir karena agen penyewa kapal biasanya menyediakan makanan dan minuman memadai. Jangan lupa sejak awal menanyakan apakah mereka telah menyediakan makanan dan minuman. Jika tidak maka Anda harus menyiapkan sendiri agar perjalanan Anda tidak terganggu karena kelaparan dan kehausan.

7. Perhatikan Kapasitas Kapal

Setiap kapal sewaan memiliki kapasitas berbeda-beda. Ada kapal yang memiliki kapasitas penumpang seperti 6 orang, 10 orang, hingga lebih dari 20 orang. Biasanya menyewa kapal berkapasitas besar dilakukan oleh rombongan karena memakan biaya yang cukup besar. Apabila kapasitas kapal tidak memadai untuk menampung penumpang dikhawatirkan kapal akan oleng, mengalami kebocoran, hingga tenggelam.

Setelah menyimak ketujuh tips diatas, jangan lupa untuk menyiapkan biaya tambahan diluar sewa kapal. Misalnya, biaya mengunjungi tempat wisata. Penting pula memastikan kapal yang Anda sewa tidak pernah mengalami kecelakaan diatas air karena resiko keamanan cukup besar.