Notice: Undefined variable: right_style in /home3/honeymil/pediars.org/wp-content/themes/maggz/framework/modules/fullscreen/templates/fullscreen.php on line 16
>

Latest Posts

Sorry, no posts matched your criteria.

Stay in Touch With Us

Odio dignissim qui blandit praesent luptatum zzril delenit augue duis dolore.

Email
[email protected]

Phone
+32 458 623 874

Addresse
302 2nd St
Brooklyn, NY 11215, USA
40.674386 – 73.984783

Follow us on social

U Ditch Adalah Saluran Air? Penjelasan Definisi dan Kegunaannya

  /  Info   /  U Ditch Adalah Saluran Air? Penjelasan Definisi dan Kegunaannya
U Ditch Adalah? Penjelasan Definisi, Kegunaannya dan Perhitungannya

U Ditch Adalah Saluran Air? Penjelasan Definisi dan Kegunaannya

U Ditch adalah jenis saluran air dari beton bertulang yang mempunyai bentuk penampang dan mirip dengan huruf U. Selain itu, jenis tersebut juga bisa diberikan penutup di bagian atasnya. Penutup tersebut biasa disebut cove U Ditch atau tutup U Ditch. 

Jika Anda berniat ingin membeli saluran air ini beserta dengan tutupnya, Anda harus membeli dengan harga terpisah. Pada bagian penutup U-Ditch ini, ada 2 tipe seperti Heavy duty dan juga Light duty. Nah, perbedaan dari kedua tutup tersebut ada pada ketebalan dan juga metode penulangan besi. 

Umumnya juga, saluran tersebut biasa digunakan sebagai saluran irigasi ataupun saluran drainase. Saluran air ini memiliki ketinggian yang bervariasi dan mengikuti kebutuhan pada saluran yang Anda butuhkan. 

Apakah U Ditch adalah….?

Dari fungsinya pun U Ditch adalah media penyaluran air yang bisa menciptakan adanya resapan yang sudah ditetapkan oleh SNI. Nah, apabila ingin standar tersebut terpenuhi, maka harus bisa memenuhi kualifikasi dari dari spesifikasi yang sudah ditentukan. 

1. Penyaluran air U Ditch yang nantinya akan dipakai harus dapat mengalirkan atau meresap air hujan ke dalam tanah dengan waktu secepat mungkin supaya tidak banyak air genangan di permukaan. 

2. Pada proses pemasangan U Ditch, material tersebut harus benar-benar dipasang di atas tanah yang memiliki kestabilan terbaik. 

3. Tekstur pada permukaan U-Ditch tidak boleh memiliki cacat, kedap terhadap air, dan juga halus.

Cara Menghitung

U-Ditch merupakan saluran beton terbuka yang mempunyai ukuran beragam dengan jenis-jenis dimensi dan juga spesifikasinya. Biasanya, cara menghitung satuan pada ukuran U-Ditch ini yaitu dengan cara mengukur diameter bagian dalamnya. 

Bisa juga menggunakan rumus D x t x p (dalam x tinggi x panjang) 

Contohnya seperti U Ditch dengan dimensi 40 x 40 x 120 cm. Nah, perinciannya adalah: 

  • Diameter dalam= 40 cm
  • Tinggi bagian dalam= 40 cm
  • Panjang U Ditch = 120 cm 

Sementara itu untuk spesifikasi jenis saluran benton ini yang harus digunakan sesuai SNI harus mempunyai kekuatan mutu beton K-350. 

Manfaat dan Keunggulan

Tentunya, setiap produk pasti material pasti mempunyai keunggulan seperti beton precast U Ditch ini. Bahan tersebut banyak sekali dipakai di berbagai sektor, mulai dari developer di perumahan sampai pemerintahan. Tentu saja masyarakat lebih memilih menggunakan jenis tersebut karena beberapa manfaatnya: 

1. Produk U-Ditch diproduksi dengan bahan khusus dan sudah sesuai dengan SNI. Meskipun begitu, harga yang dibandrol di industri pun termasuk ekonomis dengan pemakaian jangka waktu panjang. 

2. Memiliki desain yang simpel dan unik dan juga memiliki diameter lebih kecil apabila Anda bandingkan dengan produk serupa lainnya. 

3. Saat pemasangan saluran air menggunakan U Ditch tidak akan mengganggu kenyamanan publik.

4. Bisa mengurangi anggaran karena proses pemasangan yang cepat dan tidak membutuhkan waktu yang lama. 

5. Bisa sekaligus digunakan untuk area pejalan kaki. 

Analisa Sebelum Pemasangan U Ditch

Pihak kontraktor atau developer bangunan haruslah membuat analisa terlebih dahulu sebelum melakukan pemasangan. Pekerjaan U-Ditch harus bisa satu plat dengan yang lain dan bisa tertutup dengan maksimal. Tentu saja, perhitungan matematika dengan praktek lapangan yang sesungguhnya kerap berbeda pada saat pengerjaannya.

Ukuran panjang U-Ditch ini harus sangat disesuaikan dengan alat angkut. Jadi nantinya sudah bisa diperkirakan di mana material tersebut akan ditempatkan selama proses pengerjaan. Namun sayangnya tidak semua wilayah di Indonesia bisa dilalui oleh alat-alat khusus

Memang, pembuatan saluran drainase menjadi PR bersama di area wilayah yang jauh dari jalan raya. Untuk itu, terbilang tidak mudah untuk sebagian wilayah karena harus membawa peralatan handling yang tidak sama dengan peralatan biasa.

Yup, jadi U Ditch adalah saluran air drainase yang sangat berguna untuk suatu wilayah menyalurkan air hujan supaya menyerap cepat ke dalam tanah. Namun perlu diingat, harus ada perawatan beton supaya saluran air tersebut tetap berfungsi dengan normal.